Pedagang Hewan Kurban di Tanah Abang Pasang Badan

Jelang Idul Adha, Penjualan Hewan Kurban Meningkat
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin

VIVAnews - Merasa tak terima lapak dagangannya akan digusur oleh Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), puluhan pedagang hewan kurban yang berjualan di sepanjang Jalan KH Mas Mansyur, Tanah Abang, Jakarta Pusat, bentrok dengan petugas Satpol PP.

Kejadian ini bermula saat petugas satpol PP yang berjumlah 80 personel, dibantu 16 personel polisi dan dua TNI merobohkan dua kandang darurat di sekitar Kantor Kecamatan Tanah Abang.

Namun, saat petugas menyisir di sekitar jalan menuju Pasar Tanah Abang, puluhan pedagang sudah menghadang aksi penggusuran tersebut. Bentrokan tidak terhindarkan, para pedagang dan puluhan Satpol PP pun saling terlibat adu jotos. Aksi saling lempar juga terjadi.

Leman, salah satu kordinator Persatuan Pedagang Kambing Tanah Abang mengatakan, para pedagang merasa keberatan lapaknya digusur karena aktivitas jualan hewan kurban di daerahnya sudah menjadi budaya yang turun-temurun.

"Saya cuma minta tujuh hari saja untuk berjualan di sini, setelah Lebaran (Idul Adha) selesai, kita janji akan bersihkan. Jangan takut kita kotori," ujar Leman, Selasa 30 September 2014.

Sementara itu, Kasiops Satpol PP Jakpus Maruli Sijabat mengatakan, kecamatan saat ini sudah memberikan alternatif tempat berjualan lain agar tidak mengganggu pejalan kaki.

"Kita tidak melarang, tapi baiknya berjualan jangan di bahu jalan. Kita sudah kasih solusi. Nanti akan pindahkan ke Jalan Sabeni dan Jalan Tenaga Listrik. Tapi mereka menolak," ujar Maruli.

Menurut Maruli, sosialisasi kepada para pedagang sudah dilakukan lebih dari dua minggu yang lalu, akan tetapi para pedagang menolak.

Sedang Tersandung Kasus Penyalahgunaan Narkoba, Ammar Zoni Ungkap Doa untuk Anak dan Kelurga

Paska bentrok, saat ini kondisi sudah kembali kondusif. Warga yang sempat datang ke Kantor Kecamatan Tanah Abang pun sudah beranjak pergi. Meski begitu, pedagang mengaku akan tetap berjualan di pinggir jalan meski dilarang oleh pihak kecamatan, dan penggusuran ini urung dilaksanakan setelah mendapatkan keputusan dari camat Jakarta Pusat. (ita)

Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto bersama capres-cawapres pemenang Pilpres 2024 Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka di Kantor DPP Partai Golkar, Jakarta Barat, Jumat, 29 Maret 2024

Ungkapan Airlangga Hartarto Kalau Golkar Bangga Prabowo-Gibran Menang Pilpres 2024

Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto, mengucapkan selamat, atas kemenangan yang diraih, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka, pada kontestasi Pilpres 2024.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024