Jakarta Bangun Masjid Raya Gaya Betawi di Daan Mogot

Masjid Agung Baitul Makmur Meulaboh
Sumber :
  • VIVAnews/Zulfikar Husein
VIVAnews - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta membangun Masjid Raya bergaya betawi di Jalan Daan Mogot, Duri Kosambi, Cengkareng, Jakarta Barat, tepatnya di kawasan rumah susun yang dibangun oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.
CEO Freeport Temui Jokowi di Istana, Bahas Smelter hingga Perpanjangan Izin Tambang

Kepala Dinas Perumahan dan Gedung Pemerintah DKI Jakarta, Jonathan Pasodung, menuturkan, pembangunan masjid itu dilakukan lantaran selama ini belum ada Masjid Raya yang terletak di wilayah Jakarta Barat. Sementara, di Jakarta Timur sudah ada Masjid Raya At-Tin, Masjid Al- Azhar di Jakarta Selatan, Masjis Istiqlal di Jakarta Pusat, dan Islamic Center di Jakarta Utara.
Peremajaan Sawit Jauh dari Target, Airlangga: Hanya 50 Ribu Hektare per Tahun

"Anggarannya Rp170 miliar dan akan diselesaikan pada tahun 2015 atau pertengahan 2016. Kita berharap pembangunan masjid ini tanpa ada hambatan, sehingga dapat segera dipakai oleh masyarakat," kata Yonathan, saat Groundbreaking Masjid Raya Jakarta, di Cengkareng, Jakarta Barat, Jumat 26 September 2014.
Kasus DBD Melonjak Tajam di Jakarta, Dinkes DKI Ungkap Penyebabnya

Lebih lanjut, Jonathan menjelaskan, masjid yang dibangun di atas atas lahan 17,8 hektare itu memungkinkan untuk menampung sekitar 16 ribu jamaah karena memiliki luas 17. 300 meter persegi.

Sementara itu, Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo, mengatakan, dibangunnya masjid raya tersebut diharapkan ada keseimbangan di masyarakat moderen antara kehidupan ekonomi, sosial dan religius.

"Masjid ini dirancang berarsitektur Betawi. Dan diharapkan dimakmurkan masyarakat Jakarta," tutur Jokowi.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya