Jokowi Pantau Pembangunan Pelabuhan Kalibaru New Priok

Pembangunan Pelabuhan Kalibaru New Priok
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar
VIVAnews
Usai Sepi Peminat, Pemerintah Kasih Gratis Konversi Motor Listrik
- Gubernur DKI Jakarta sekaligus presiden terpilih, Joko Widodo, meninjau pembangunan pelabuhan Kalibaru atau biasa disebut 'New Tanjung Priok', Selasa, 23 September 2014. Pembangunan pelabuhan tersebut baru masuk dalam tahap pembangunan fondasi cakar ayam.

Biaya Ultah Cucu SYL Minta Di-reimburse Kementan, Pegawai Menolak Terancam Dimutasi

Saat meninjau, pembangunan pelabuhan 'New Tanjung Priok' tersebut Jokowi menggunakan kapal boat Indonesia Port Coorporation (IPC) dengan melewati jalur laut. Jokowi tiba di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara sekitar pukul 12.00 WIB.
Jaksa Sebut SYL Bayar Tagihan Kartu Kredit Ratusan Juta Pakai Uang Hasil Korupsi di Kementan


Saat meninjau, Jokowi didampingi oleh beberapa direktur IPC sempat menunjuk ke beberapa sudut pelabuhan yang sedang dibangun itu.


Pelabuhan 'New Tanjung Priok' dikelola oleh PT Pelindo II, pelabuhan New Tanjung Priok tahap I ditargetkan dapat beroperasi pada kuartal III 2015 dengan kapasitas daya tampung sebesar 1,5 juta TEUs sehingga nantinya dapat mengurangi waktu bongkar muat kapal.


Terminal New Tanjung Priok tahap I terdiri dari 3 terminal peti kemas dan 2 terminal yang dibangun di atas lahan 195 hektar. Pelabuihan tersebut dirancang dengan draft hingga -20 meter at low water spring (kedalaman 20 meter) dengan pengerukan tahap pertama -16 mLWS.


Alur pancang dirancang 2 arah selebar hampir 300 meter dan dermaga sepanjang 4.000 meter. Sehingga kapal berkapasitas 18.000 TEUs bisa masuk ke dalam kontainer.


PT Pelindo II menanamkan investasi hingga Rp22,66 triliun (US$2,47 miliar) untuk pembangunan New Tanjung Priok tahap 1 dari total US$4 miliar untuk seluruh terminal baik fase 1 dan 2.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya