Warga Manggarai Tolak Pengosongan Rumah oleh PT KAI

Warga Manggarai tolak pengosongan rumah oleh PT KAI
Sumber :

VIVAnews - Puluhan warga yang tergabung dalam Forum Warga Manggarai, Jakarta Selatan, melakukan aksi unjuk rasa di Stasiun Manggarai pada Selasa 23 September 2014. Warga penghuni rumah negara ini menolakan pengosongan rumah aset kepemilikan PT Kereta Api Indonesia (KAI) yang terletak di Jalan Manggarai Utara IV, Jakarta Selatan.

Wawan Purwana, Ketua Forum Komunikasi Warga Manggarai, mengatakan warga meminta kepada pimpinan PT. KAI untuk menghentikan segala upaya pengosongan rumah yang sudah mereka tempati puluhan tahun tersebut.

"Kami sudah beritikad baik dengan mengajukan masalah ini ke pengadilan PTUN pada 7 Agustus 2014, dengan No Gugatan 156/G/2014/PTUN-JKT dari KAI. Tapi, PT KAI malah tidak merespon dan menunjukan kearoganan dengan memberikan surat pengosongan kedua," ujar Wawan saat ditemui VIVAnews di lokasi, Selasa 23 September 2014.

Menurut Wawan, PT KAI menargetkan pengosongan paling lambat hari ini. Namun, pemilik rumah yang kebanyakan pensiunan PNS itu menolak isi surat yang diberikan PT KAI.

"Kita minta BUMN sebagai pemegang saham harus bisa meminta PT KAI menghentikan pengosongan ini. Karena rumah ini rumah milik pensiunan PNS bukan milik PT KAI. Rumah kami rumah negara bukan rumah perusahaan," ujarnya.

Sementara itu, Tuti (72) salah satu warga yang mengikuti aksi unjuk rasa tersebut mengatakan, dia bersama warga lain sudah lebih dari 30 tahun menempati rumah tersebut.

"Kita sudah mengajukan permohonan pengalihan hak ke Kementrian Pekerjaan Umum sebagai pengguna rumah golongan III yang sah," ujar Tuti.

Nenek ini melanjutkan, walaupun tidak mempunyai sertifikat hak milik atas rumah yang sekarang menjadi sengketa tersebut, dia  tetap bersikukuh tidak mau pindah walaupun PT KAI sudah mengajukan relokasi dan ganti rugi.

"Kalau bisa kami semua jangan pindah, puluhan tahun rumah itu kami rawat, kami juga taat bayar pajak," katanya lagi. (ren)

Saudi Arabia Permits All Types of Visas to Perform Umrah
Sosok mayat bayi baru lahir ditemukan mengambang di Kali Kanal Banjir Barat, Kebon Melati, Tanah Abang, Jakarta Pusat (Jakpus) oleh petugas saat sedang menjaring sampah di kali.

Kasus Temuan Mayat Bayi Tanah Abang, Polisi Tangkap Orang Tua

Sosok mayat bayi baru lahir ditemukan mengambang di Kali Kanal Banjir Barat, Kebon Melati, Tanah Abang, Jakarta Pusat (Jakpus).

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024