Untuk Tanggul Raksasa, Dinas PU Jakarta Siapkan Rp1 Triliun

Proyek Giant Sea Wall atau tanggul raksasa
Sumber :
  • ncicd.com

VIVAnews - Dinas Pekerjaan Umum DKI Jakarta menganggarkan Rp1 triliun untuk pekerjaan tahap awal proyek National Capital Integrated Coastal Development (NCICD).

Tahap awal ini mencakup pengerjaan peninggian dan penguatan tanggul di lokasi proyek di pesisir pantai utara Jakarta. Dalam mata anggaran APBD DKI, proyek ini dinamakan 'Pembangunan Tanggul Pantai Untuk Mendukung NCICD'.

"Kita sedang genjot terus di ULP (Unit Layanan Pengadaan), supaya lelangnya bisa segera dilaksanakan tahun ini," ujar Kepala Seksi Pelaksanaan dan Pengendalian Sarana dan Prasarana Pengendali Banjir Dinas PU DKI, Heria Suwandi, di Jakarta, Senin, 15 September 2014.

Heria menuturkan, pekerjaan penguatan tanggul ini merupakan salah satu prioritas Dinas PU DKI. Dengan diselesaikannya proyek ini, kewajiban DKI untuk mengerjakan peninggian tanggul sepanjang 8 kilometer untuk menghalau banjir rob di utara Jakarta ini cepat diselesaikan.

Menurut dia, selama ini, jika terjadi rob atau air laut pasang, air laut akan dengan mudah meluap ke daratan. Maka dalam tahap A, tanggul di utara Jakarta akan ditinggikan menjadi lima meter.

"Nah tanggul yang sudah kita tinggikan sepanjang 5 kilometer. Lalu, tahun ini, untuk yang lima kilometer tersebut akan lakukan penguatan atau peningkatan konstruksinya," ucap Heria.

Proyek NCICD sendiri merupakan sebuah mega proyek untuk memperluas wilayah Jakarta dengan mereklamasi wilayah lautan, membangun tanggul raksasa penghalau rob, serta mengembangkan suatu kawasan terpadu yang terdiri dari perumahan, perkantoran, serta pusat perbelanjaan di wilayah yang direklamasi itu.

Hakim Guntur Hamzah Tak Terbukti Langgar Kode Etik Meski Punya Jabatan di Asosiasi Pengajar HTN

Proyek ini telah digagas sejak masa pemerintahan Fauzi Bowo, serta baru ditargetkan untuk selesai pada tahun 2024.

Dalam tahapan penguatan tanggul laut pantura sepanjang 63 kilometer yang saat ini sedang berlangsung, pekerjaan dibagikan kepada 3 pihak yang terlibat. Pemerintah pusat melalui Kementerian PU mendapatkan kewajiban untuk memperkuat dan meninggikan tanggul laut sepanjang 30 kilometer, Pemprov DKI mendapat kewajiban sepanjang 8 kilometer, dan sisanya sepanjang 25 kilometer menjadi kewajiban para pengembang yang diberi hak untuk mereklamasi 17 pulau.

Alyssa Soebandono

Anutusias Punya Anak Perempuan, Alyssa Soebandono Sampai Lakukan Hal Ini

Menyambut kelahiran anak pertama, Alyssa Soebandono merasa sangat antusias. Diungkap Dude, Istrinya itu sampai membeli baju-baju untuk anak perempuannya tersebut.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024