Ahok: Setiap Hari Ada 8.700 Ton Sampah di Jakarta

Ilustrasi: Truk sampah terbaru Pemda DKI.
Sumber :
  • Foto: Istimewa
VIVAnews
Tak Hadiri Penetapan Prabowo-Gibran sebagai Presiden-Wapres Terpilih, Ganjar: Tidak Dapat Undangan
- Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama berhasil mengajak perusahaan pelat merah untuk ikut berkontribusi membangun ibu kota. Kali ini datang dari perbankan, yakni Bank Mandiri, yang menyumbangkan tiga truk sampahnya untuk menangani kebersihan di Jakarta.

Jokowi Datang Melayat ke Mooryati Soedibyo, Ikut Salat Jenazah

"Kita sadar sampah kita begitu banyak, 8.700 ton per hari dari seluruh Jakarta. Sedangkan truk sampah kita dikumpulkan
Sindir PDIP yang Gugat KPU ke PTUN, Nusron: Silakan, Tidak Berdampak Apa-apa
enggak cukup. Makanya saya terus dorong pengusaha sumbang ke kita," ucap Ahok, sapaan akrab Basuki, saat menerima tiga truk sampah sumbangan itu di Balai Kota DKI Jakarta hari ini, Senin 1 September 2014.


Ahok sendiri mengungkapkan ucapan terima kasihnya atas sumbangan yang dilakukan oleh Bank Mandiri ini. Ke depan, tidak hanya truk sampah, ia juga berjanji akan mendorong swasta untuk memberikan lebih banyak lagi sumbangan terhadap berbagai sektor pembangunan di Jakarta.


"Setelah ini masih ada sumbangan 13 truk sampah lagi dari asosiasi perminyakan. Dalam 2 tahun kita juga targetkan punya banyak
incinerator
(pengolah limbah) untuk di kecamatan-kecamatan. Sama bus tingkat juga. Biar swasta saja yang ikut sumbang untuk bantu angkutan gratis di jalur ERP kita," ucap Ahok.


Direktur Utama Bank Mandiri Budi Sadikin mengatakan, pemberian tiga truk sampah kepada Pemprov DKI ini merupakan bentuk
corporate social responsibility
(CSR) Bina Lingkungan perusahaannya. Ia berharap masyarakat Jakarta bisa merasakan dampak langsung dari program CSR ini.


"Ini adalah realisasi komitmen Bank Mandiri dalam membantu menjadikan Jakarta lebih bersih dan asri," ucap Budi.


Total nominal sumbangan berupa 3 truk sampah bermerk Hino yang diberikan oleh Bank Mandiri ini mencapai Rp1 miliar. Dengan tambahan tiga truk sampah ini, berarti hingga kini DKI telah menerima total 73 sumbangan truk sampah dari pengusaha dan perusahaan swasta selama tahun 2014.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya