KM Paus Terbakar, Polisi Periksa Dinas Perhubungan

Kapal KRI Klewang terbakar
Sumber :
  • ANTARA/HO/Seno S

VIVAnews - Kapal Muatan (KM) Paus milik Unit Pelaksana Angkutan Pelabuhan dan Kelautan (UP APK) Dinas Perhubungan DKI Jakarta terbakar di perairan Pulau Pari, Kepulauan Seribu pada Rabu 27 Agustus 2014. Terkait hal itu, polisi akan meminta keterangan pihak manajemen KM Paus.

"Tentu penyidik perlu mengetahui bagaimana kondisi kapal sejak awal. Untuk itu, pihak manajemen atau pengelola (Dinas Perhubungan) akan ditanyai," ujar Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Rikwanto, di Jakarta, Kamis 28 Agustus 2014.

Pemeriksaan itu juga untuk mencari tahu penyebab terbakarnya bagian lambung belakang kapal, apakah memang ada unsur kelalaian, kelebihan muatan, atau ada penyebab lainnya. Nantinya, keterangan dari manajemen kapal, akan dipadukan dengan keterangan dari sejumlah saksi yang berada di lokasi kejadian.

Sementara itu, Kepala Satuan Reserse dan Kriminal Polres Kepulauan Seribu, Ajun Komisaris Polisi Armunanto mengatakan, sebelum memeriksa pengelola kapal, penyidik terlebih dulu meminta keterangan dari nakhoda kapal, bernama Abdullah.

"Kami periksa dulu nakhodanya, untuk ditanyai kronologi kejadian sekaligus untuk melihat apa saja yang mungkin menjadi penyebab kapal tersebut meledak dan terbakar," kata Armunanto.

Tak hanya itu, pemeriksaan nantinya juga akan melibatkan Anak Buah Kapal (ABK). Diberitakan sebelumnya, mesin kapal itu terbakar hingga menyebabkan sekitar puluhan orang terluka.

Para korban mengalami luka bakar dengan derajat yang berbeda. Namun, semua korban telah dievakuasi ke rumah sakit di Pulau Seribu dan ada pula yang dievakuasi ke Rumah Sakit Koja, Jakarta Utara.

Berikut 32 nama-nama korban dengan luka bakar bervariasi, antara lain:

Jadwal Mobil SIM Keliling DKI Jakarta, Bogor, Bandung Jumat 19 April 2024

1. Arif (penumpang).
2. Maulana (penumpang).
3. Asifa (penumpang).
4. Lutfi (penumpang).
5. Zaenal (ABK).
6. Junaidi (penumpang). -
7. A Kadir (penumpang).
8. Sarmadi (penumpang).
9. Trisno (penumpang).
10. Paulus (penumpang).
11. Masruf (penumpang).
12. Irfan Haidir (penumpang).
13. Ifan (penumpang).
14. Yunus (penumpang).
15. Fahri (penumpang).
16. Aldi (penumpang).
17. Romi (penumpang).
18. Mansyur Jaya (penumpang).
19. Budi (ABK).
20. Arianto (penumpang).
21. Sidik (penumpang).
22. Khatib (ABK).
23. Andika (penumpang).
24. Nurjaya (ABK).
25. A Afandi (ABK).
26. Yoga R (penumpang).
27. Tigor (penumpang).
28. Akbar (penumpang).

(art)

Terpopuler: 3 Penyanyi Muslim Suka Lagu Rohani sampai Fakta Meli Joker
Duel Inter Milan vs Salzburg

Kuota Eropa Lengkap! Berikut 24 Tim yang Pastikan Tiket ke Piala Dunia Antarklub 2025

Klub Austria, RB Salzburg menjadi tim Eropa ke-12 dalam Piala Dunia Antarklub 2025 setelah Arsenal kalah dari Bayern Munich pada babak perempat final Liga Champions.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024