Tiga Tempat yang Dijaga Ketat Petugas Saat Putusan MK

Polisi berjaga di depan Gedung Mahkamah Konstitusi beberapa waktu silam.
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin
VIVAnews
Nasib Jokowi di PDIP, Kaesang Pangarep Tidak Ingin Ikut Campur: Itu Urusan Partai Lain
- Menjelang pengumuman keputusan hasil sidang Mahkamah Konstitusi (MK) terkait Perselisihan Hasil Pemilihan Umum, sejumlah objek vital di Ibu kota ditingkatkan pengamanannya.

Aturan Baru, Arab Saudi Izinkan Semua Jenis Visa Bisa Ibadah Umrah

Kawasan ring I Istana Merdeka di kawasan Gambir, Jakarta Pusat, mendapatkan fokus pengamanan yang paling utama.
Ribuan Orang di Brebes Rayakan Kemenangan Indonesia U-23


Kepala Satuan Polisi Pamong Praja DKI Jakarta, Kukuh Hadi Santoso, mengatakan ada tiga objek vital di lokasi itu yang pengamanannya paling diperketat.


"Mahkamah Konstitusi, Balai Kota, dan Istana Merdeka. Satpol PP menerjunkan sekitar 600 personel untuk ikut membantu TNI dan Kepolisian mengamankan objek-objek vital itu," ujarnya di Balai Kota DKI Jakarta, Kamis 21 Agustus 2014.


Menurut Kukuh, setiap unsur pengamanan yang bertugas itu sudah memiliki tugas pokok dan fungsinya masing-masing dalam mengantisipasi potensi terjadinya gangguan keamanan dari massa yang akan berunjuk rasa di kawasan sekitar Gedung MK dan di sekeliling kompleks Monumen Nasional (Monas).


"Kalau Satpol PP itu tugasnya bantu Kepolisian. Saat ada orang terlihat melakukan kekerasan, atau gangguan langsung, kami beri tindakan. Tetapi, kalau ada tindakan yang menjurus anarkis massal, tentu TNI yang akan paling terdepan untuk turun tangan," katanya.


Berdasarkan pantauan
VIVAnews
, ratusan tenaga pengamanan yang terdiri dari Satpol PP, Kepolisian, dan TNI sudah bersiaga semenjak pagi untuk menjaga kompleks pemerintahan tempat Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo dan Basuki Tjahaja Purnama itu berkantor.


Mereka terlihat memenuhi halaman luar Balai Kota, lapangan upacara, dan di sekitar gedung pendopo Balai Kota. Beberapa polisi dan tentara terlihat membawa senjata lengkap. Perlengkapan-perlengkapan pengamanan seperti tameng dan mobil antihuru-hara diletakkan berjejer di halaman dalam Balai Kota.


Kondisi lalu lintas di Jalan Medan Merdeka Selatan terpantau lancar dan lebih sepi dari hari-hari biasa. Belum terlihat ada pergerakan massa di sepanjang jalan yang berada di sebelah tenggara gedung MK itu. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya