Paska Lebaran, Jakarta Diserbu 68.500 Pendatang Baru

Arus Balik Mudik Lebaran 2013 di Stasiun Senen
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar
VIVAnews - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) DKI Jakarta mencatat, ada 3.616.774 orang warga ber-KTP Jakarta yang mudik di musim libur Lebaran tahun 2014. Dari jumlah tersebut, diperkirakan 68.500 pendatang baru akan menyertai para pemudik saat kembali ke Jakarta. 
Tegas! Nikita Mirzani Coret Nama Lolly dari KK, Hak Waris, dan Asuransi: Sudah Gak Peduli!

Dengan demikian, hingga H+10 Lebaran nanti, Kota Jakarta yang sudah dipenuhi sesak oleh 9.988.329 orang, dipastikan akan kembali bertambah padat.
Tak Melulu Konsumsi Pil Vitamin, Ini 5 Buah yang Mengandung Vitamin C Tinggi

Menurut Kepala Dinas Dukcapil DKI Jakarta Purba Hutapea, prediksi tersebut berdasarkan data tren kenaikan jumlah pendatang baru di DKI Jakarta, yang merupakan hasil penelitian dari Lembaga Demografi Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia (LDFE UI).
Mendagri: Dewan Kawasan Aglomerasi Bukan Ambil Alih Kewenangan Pemerintahan Daerah

Menurutnya, tahun 2013 yang lalu, ada 51 ribu orang pendatang baru saat dilakukan pendataan paska H+7 Lebaran. "Tahun ini kami prediksi terjadi peningkatan 25,5 persen, atau sebesar 17.500 orang, menjadi 68.000 orang pendatang baru ke Kota Jakarta," kata Purba, Kamis, 31 Juli 2014.

Meskipun demikian, dia tidak bisa memastikan apakah seluruh pendatang baru itu akan menetap di Jakarta atau tidak. Menurutnya, berdasarkan data dari tahun ke tahun, Disdukcapil sudah membuat 3 klasifikasi pendatang baru musiman ke Jakarta.

"Ada yang akan menetap permanen. Inilah yang kita sebut 'kaum urban', yang memang ingin mendatangi Jakarta untuk bekerja dan mengubah nasibnya," ujarnya.

Ia melanjutkan, ada juga yang tinggal sementara karena ingin mengunjungi tempat-tempat wisata. Selain itu, ada juga yang hanya menghabiskan waktu liburnya di rumah sanak saudaranya di Jakarta kemudian pulang ke daerah asalnya usai libur Lebaran. (ita)


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya