Polisi Tes Urine Sopir Bus Mudik di Terminal Kalideres

Tes Urine oleh BNN
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin
VIVAnews
Sopir Sedan di Tangsel Jadi Tersangka Usai Tabrak Pemotor dan PKL
- Polres Metro Jakarta Barat melakukan tes urine kepada ratusan sopir bus yang membawa para pemudik, Kamis 24 Juli 2014. Tes ini dilakukan di terminal Kalideres, Jakarta Barat.

Pecahkan Rekor Tertinggi, Harga Emas Hari Ini Tembus Rp 1.249.000 Per Gram

Pemeriksaan pada ratusan sopir bus ini dilakukan sejak pukul 07.00 hingga pukul 11.00 WIB. Kasat Narkoba Polres Metro Jakarta Barat, Ajun Komisaris Besar Gembong Yudha, mengatakan, kegiatan ini bertujuan agar perjalanan mudik menjadi aman.
Ten Hag Bawa 3 Pemain Man Utd U-18 ke Tim Senior


"Selain itu, dapat menghindari dari kecelakaan yang disebabkan lalainya sopir. Dan nanti bisa terlihat pengemudi mana yang positif pakai narkoba," ujar Gembong.


Dari data yang dimiliki polisi, kasus kecelakaan lalu lintas yang terjadi di saat mudik bukan hanya karena kondisi kendaraan yang tak layak, tapi juga dari faktor pengemudinya.


"Bisa juga karena kondisi fisik pengemudi yang kurang fit, sehingga mengurangi kesadaran dan kewaspadaan pengemudi saat berkendara," kata dia.


Gembong menjelaskan, biasanya ketahanan tubuh berkurang dikarenakan kelelahan dan pengaruh minum-minuman keras, obat-obatan, serta narkotika.


Jika dalam pemeriksaan urine ini ditemukan ada sopir yang positif menggunakan narkoba, maka pengelola bus diwajibkan untuk mengganti sopir tersebut.


"Kami sudah pegang datanya dari masing-masing P.O, pengemudi dan nomor bus yang dikendarai sudah disesuaikan. Ini untuk menghindari pengemudi aplusan," tuturnya.


Dalam pemeriksaan tersebut, polisi juga bekerja sama dengan Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP), Dinas Kesehatan, dan Dinas Perhubungan DKI Jakarta. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya