Perhatikan Hal Ini Sebelum Membeli Makanan Kemasan

Petugas BPOM Banten memeriksa bakso kemasan
Sumber :
  • ANTARA/Asep Fathulrahman
VIVAnews
Resmi! PKS Usung Imam Budi Hartono Jadi Bakal Calon Wali Kota Depok
- Masyarakat harus mewaspadai makanan kemasan dan minuman kaleng yang beredar saat bulan Ramadan. Permintaan masyarakat akan kebutuhan pokok yang tinggi, kerap dimanfaatkan pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab untuk mencari keuntungan.

AHY Wanti-wanti Prabowo Usai Bertemu Cak Imin

Tak hanya makanan kemasan, permintaan pangan olahan juga cukup tinggi. Untuk itu, bila tidak waspada, Anda akan dirugikan karena membeli makanan rusak dan kedaluarsa.
5 Film Romantis Berlatar Perang Dunia II, Kisah Cinta di Tengah Kekacauan


Pemerintah telah jauh-jauh hari meminta kepada masyarakat untuk teliti dan cerdas saat membeli produk makanan dan minuman. Ini, demi menjaga keselamatan konsumen. Pastikan Anda tidak tergiur dengan harga murah.


Dirjen Standardisasi dan Perlindungan Konsumen Kementerian Perdagangan, Widodo, menjelaskan bahwa ada banyak yang perlu diperhatikan masyarakat sebelum membeli produk kemasan.


Misalnya, mencermati label. Bila komposisi label dengan kemasannya tidak proporsional dan tidak menempel dengan baik, konsumen harus curiga karena makanan kemasan itu dipastikan tidak sesuai dengan ketentuan.


Kemudian, konsumen perlu melihat keberadaan label halal di kemasan. Pastikan tidak membeli barang yang kemasannya penyok. Pastikan kemasan atau pembungkus produk dalam keadaan baik.


Pemerintah juga menyarankan agar masyarakat mencermati tanggal kedaluwarsa produk makanan dan minuman tersebut. Selain itu, masyarakat harus melaporkan kepada pihak toko yang menjualnya. Jangan biarkan niat nakal penjual yang sengaja melakukan ini karena tidak ingin rugi.


Kemudian, jangan membeli makanan yang bentuknya sudah tidak sesuai dengan aslinya. Tak hanya itu, Widodo juga menyarankan masyarakat untuk membeli produk dalam negeri. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya