Ahok: Jokowi Tak Pernah Minta Kasus Korupsi Transjakarta Ditangani KPK

Ahok Resmikan Taman Herbal Bejo
Sumber :
VIVAnews -
Memperingati Hari Kekayaan Intelektual Sedunia: Menghargai Kreativitas dan Inovasi
Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama, membantah pernyataan Joko Widodo, yang pernah melaporkan kasus dugaan korupsi pengadaan armada bus Transjakarta ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Kasus itu tengah ditangani Kejaksaan Agung.

Kantor LPS Bakal Hadir di Medan, Diresmikan 3 Mei 2024

"
MAKI Kirim Surat ke Nurul Ghufron, Minta Bantuan Mutasi ASN di Papua ke Jawa
Nggak pernah ada surat resmi tuh. Pak Jokowi
nggak
pernah minta kasus ini diambil alih oleh KPK," ucap Ahok, sapaan akrab Basuki saat ditemui di kantornya di Balai Kota DKI Jakarta, Kamis 26 Juni 2014.


Ahok justru mengharapkan agar KPK segera mengambil alih kasus yang saat ini sedang ditangani oleh Kejaksaan Agung itu. [Baca ]


"Ya mudah-mudahan KPK tergerak saja hatinya. Nanti lah kita tunggu saja," ujar mantan Bupati Belitung Timur itu.


Juru Bicara KPK, Johan Budi, juga menyatakan pihaknya belum pernah menerima laporan soal dugaan korupsi pengadaan bus TransJakarta dari Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo maupun Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.


"Tidak pernah," kata Johan Budi saat dikonfirmasi wartawan, Selasa 17 Juni 2014.


Kasus korupsi pengadaan armada bus TransJakarta tahun 2013 telah menyeret mantan Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Udar Pristono. Dia telah ditetapkan sebagai tersangka oleh Kejaksaan Agung.


Sebelumnya, saat kampanye di Kota Tasikmalaya 12 Juni 2014 lalu Joko Widodo menyatakan telah melaporkan kasus ini ke KPK.


Saat berita korupsi bus Transjakarta ini menyeruak di media-media, Joko Widodo mengaku langsung mencopot Udar dari jabatan Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta dan menyerahkan semua dokumen-dokumen terkait kasus tersebut ke KPK. (ren)


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya