PRJ Seminggu di Monas, Jakarta Fair Sebulan di Kemayoran

Kemeriahan Pekan Raya Jakarta 2013
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin

VIVAnews - Menyambut hari ulang tahun Jakarta yang ke-487, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta kembali menggelar Pekan Raya Jakarta (PRJ). PRJ tahun ini akan diselenggarakan di lapangan Monumen Nasional (Monas) pada 10 - 15 Juni 2014.

Wakil gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama, berharap seluruh warga Ibu Kota bisa berpartisipasi pada PRJ kali ini, baik sebagai peserta maupun pengunjung. "Pak Gubernur ingin dari 2.600 stand yang ada, ada jatah stand gratis buat masyarakat berjualan," kata Basuki, Kamis malam, 22 Mei 2014.

Sedangkan yang dijual ke BUMN dan BUMD sebanyak 1.600 stand. Dengan stand gratis itu, diharapkan ada standar harga. Misalnya, kerak telor yang biasa dijual Rp7.000, harganya tetap sama di PRJ. "Ini supaya warga DKI yang uangnya pas-pasan bisa tetap masuk dan belanja di sana," ucapnya.

Menurut Ahok, sapaan akrab Basuki, 1.000 stand gratis itu akan diberikan kepada masyarakat yang memiliki usaha kecil menengah (UKM), terutama usaha kuliner. Meski gratis, kata dia, kualitas makanan yang dijual tetap terjaga.

"Saya ingin yang stand buat masyarakat itu seleksinya jelas, seperti di JFFF (Jakarta Food and Fashion Festival). Kalau asal-asalan coret sajalah. Jangan karena Anda punya hak pameran jadi jualan makanan yang tidak enak," ujar dia.

Ahok juga menekankan kepada jajarannya agar lebih mengetatkan pengawasan terhadap pemberian stand gratis. Ia tidak ingin stand tersebut dikelola oleh oknum yang seenaknya menarik bayaran. "Kami ingin pastikan ini benar gratis apa tidak nanti? Saya mau lihat seleksinya seperti apa. Saya tidak mau bilang gratis tapi nanti dijual belikan jadi duit, apa lagi kalau malah jadi jatah preman jualan di situ," ujarnya.

PRJ tahun ini diselenggarakan sendiri oleh Pemerintah DKI Jakarta. Selain PRJ, salah satu pihak swasta yaitu PT Jakarta International Expo, turut meramaikan HUT Jakarta dengan menyelenggarakan Jakarta Fair di arena Jakarta International Expo, Kemayoran, pada 6 Juni sampai 6 Juli 2014.

Pemerintah DKI juga mendorong agar acara tersebut bisa diikuti oleh seluruh warga, terutama yang berpenghasilan terbatas. Penyelenggara diminta memasang harga maksimum untuk produk-produk, terutama makanan, yang dijual di situ.

Fakta-fakta Anggota TNI Tersambar Petir di Depan Mabes Cilangkap, 1 Meninggal Dunia

"Kamu (pihak penyelenggara acara), harus tentukan juga harga maksimum. Jangan sampai karena harga sewa mahal, harga kerak telor di sana jadi Rp30.000," ucap Ahok.

Tangkapan layar anggota KPU RI Idham Holik saat rapat pleno rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara Pemilu 2024 tingkat nasional di Kantor KPU RI, Jakarta, Jumat, 15 Maret 2024.

Ganjar-Mahfud Ngaku Tak Dapat Undangan Penetapan Prabowo-Gibran, KPU Bilang Begini

KPU mengeklaim bahwa lembaganya sudah menjalin komunikasi secara pribadi kepada liaison officer atau naradamping pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud Md.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024