Gangguan Listrik, Satu Jalur KRL Belum Beroperasi

Commuter Line Serpong-Tanah Abang alami gangguan.
Sumber :
  • Marco Tampubolon/VIVAnews
VIVAnews - Pembangkit listrik Muara Karang, sub sistem Kembangan dan Penghantar Muara Karang - Gandul pada hari ini, Senin, 12 Mei 2014, mengalami defisit daya sebesar kurang lebih 600 MW.
Hadiri Buka Puasa Partai Golkar, Prabowo-Gibran Duduk Semeja dengan Airlangga

Hal tersebut membuat listrik, termasuk lampu-lampu penerangan umum dan traffic light, di daerah Jakarta dan Tangerang mengalami pemadaman.
Jumat Agung, Presiden Jokowi Ajak Resapi Makna Pengorbanan Yesus Kristus

Namun demikian, gangguan pada pembangkit listrik PLN tersebut tidak membuat Kereta Rel Listrik (KRL) yang dioperasikan oleh PT Kereta Api Indonesia (Persero) berhenti beroperasi total. 
Chelsea Proteksi Raheem Sterling dari Hinaan Fans

Rijal, Pengawas Peron (PAP) di Stasiun Tanah Abang menyebutkan bahwa penurunan daya pada pembangkit milik PLN itu hanya menyebabkan penurunan kapasitas pengangkutan penumpang. 

"Cukup terganggu ya, lintas Cikini hanya bisa dilalui 2 KRL karena ada penurunan daya, kalau biasanya, 8 menit sekali KRL bisa lewat di situ," ujarnya.

Ia pun menyebutkan bahwa satu-satunya gangguan terkait perjalanan kereta api yang masih ditangani oleh pihaknya adalah jalur KRL Tanah Abang - Manggarai. 

"Alhamdulillah sekarang jalur Tangerang - Duri sudah terlayani. Hanya kereta yang lewat Manggarai saja yang masih terganggu. Manggarai - Tanah Abang belum ada kabar. Weselnya amblas di sana. Kami terus berusaha agar kereta bisa normal kembali," ucapnya.

Namun demikian ia, tidak bisa memastikan kapan jalur kereta tersebut bisa beroperasi normal kembali. "Manggarai - Tanah Abang satu-satunya yang masih bermasalah. Petugas di sana masih bekerja. Kita belum tahu sampai kapan masalahnya bisa terselesaikan," ujarnya pada pukul 19:50 WIB.

Jajat, kepala stasiun Tanah Abang, menyebutkan bahwa stasiun ini memang tidak mengalami gangguan berarti terkait turunnya daya PLN. Menurutnya penurunan daya itu hanya membuat suplai listrik untuk beberapa lampu penerangan utama di stasiunnya mati.

"Penurunan daya tidak membuat perjalanan KRL berhenti. Sebelumnya ada 1, 2 jalur yang berhenti, namun itu nampaknya sudah tertangani. Sekarang hanya beberapa lampu penerangan utama saja di sini yang mati. Ini kami sedang berusaha menyalakan lagi karena stasiun yang gelap pasti mengganggu kenyamanan penumpang," ujarnya. 

Pantauan VIVAnews, lampu-lampu penerangan di pintu masuk dan ruang utama antrean tiket stasiun mati. Namun lampu di peron penumpang tetap menyala seluruhnya.

Stasiun Tanah Abang melayani 4 jalur KRL, yakni Tanah Abang - Serpong - Maja, Tanah Abang - Depok - Manggarai - Bogor, Tanah Abang - Jatinegara, serta Duri - Tangerang. (umi)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya