65 Ribu Buruh Bekasi Kepung Jakarta Hari Ini

may day 2013
Sumber :
  • REUTERS / Samrang Pring
VIVAnews
Jasad Wanita Open BO yang Dibunuh Hanyut Dibuang di Kali Bekasi Hingga ke Pulau Pari
- Sebanyak 65 ribu buruh di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat akan pergi ke Jakarta untuk memperingati hari Buruh Internasional atau May Day yang jatuh pada hari ini, 1 Mei 2014. Massa buruh akan berkumpul di sejumlah titik di wilayah Bekasi, sebelum 'beraksi' di ibu kota.

Program Makan Siang Gratis Prabowo-Gibran Butuh 6,7 Juta Ton Beras per Tahun

Lokasi yang dijadikan titik kumpul di antaranya, Omah Buruh di kawasan EJIP, Hyundai, MM 2100, dan saung buruh di kawasan Jababeka. "Sekitar 60 persen anggota FSPMI (Federasi Sekrikat Pekerja Metal Indonesia) di Kabupaten Bekasi,
Drama 4 Gol Lawan Madura United, Dewa United Jaga Asa Tembus Championship Series
all out ke Jakarta," ujar Sekretaris LBH FSPMI, Nyumarno.


Menurut dia, seluruh buruh nantinya akan bergabung dengan serikat pekerja lainnya di Jakarta baik menggunakan kendaraan roda empat maupun dua.


Sesampainya di Jakarta, massa buruh juga akan melakukan
longmarch
dari Bundaran Hotel Indonesia ke Istana Presiden.


Amankan tol


Kapolresta Bekasi Komisaris Besar Isnaeni Ujiarto mengungkapkan, ada 2.000 personel gabungan disiagakan untuk May Day. Jumlah tersebut dianggap tepat lantaran Kabupaten Bekasi merupakan pusat pemberangkatan buruh yang akan berorasi di Jakarta. Nantinya, para petugas juga akan mengawal kendaraan buruh sampai ke Jakarta.


Dia berharap, buruh tetap tertib dalam perjalanan mereka ke Jakarta. Selain itu, polisi juga akan menyiagakan 435 personel untuk mengamankan tol.


"Personel khusus memang sengaja disiagakan untuk antisipasi adanya aksi demo ataupun blokade sejumlah ruas jalan oleh para buruh," kata Kasubag Humas Polresta Bekasi Kota AKP Siswo.


"Selanjutnya di depan gerbang tol Bekasi Barat satu dan dua, serta gerbang tol Bekasi Timur dua dan tiga, masing-masing 10 personel polisi," katanya.


Berdasarkan informasi, Federasi Serikat Buruh Demokrasi Seluruh Indonesia (FSBDSI) pada May Day, Kamis besok akan melakukan aksi unjukrasa di depan kantor Wali Kota Bekasi dengan pengerahan massa sekitar 1000 orang. (ita)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya