Pendinginan Pasar Senen, Alat Bantu Ini Dikerahkan

Alat bantu yang digunakan petugas pemadan kebakaran
Sumber :
  • VIVAnews/Amal Nur Ngazis

VIVAnews - Pasar Senen memasuki tahap pendinginan usai dilalap kebakaran hampir 24 jam. Pada tahap ini petugas pemadam kebakaran membasahi semua sisi dan ruang Blok III Pasar Senen guna memastikan api tak muncul lagi.

Jandes Irsonturnip, Kepala Regu Resque Sudin Damkar Jakarta Pusat, Sabtu 26 April 2014, mengatakan kesatuannya mengerahkan berbagai peralatan dalam pendinginan Pasar Senen.

Ia menjelaskan petugas pemadam yang masuk ke bagian dalam harus membawa Breathing Apparatus (BA). Alat ini merupakan bantuan pernafasan bagi petugas yang masuk ke bagian dalam.

"Kami penyebutnya Breathing Apparatus (BA), sebagai alat pernafasan," kata dia kepada VIVAnews, di depan blok lokasi kebakaran, Pasar Senen, Jakarta.

Selain alat pernafasan, petugas juga membawa Cutter Edge. Ini adalah alat untuk menjebol pintu gulung (rolling door) pada ribuan kios di blok tersebut.

"Alat ini berfungsi menjebol atau merobek rolling door. Dari awal sudah kami gunakan. Biar bisa buat ventilasi dan lebih cepat jangkau titik api," kata  Jandes.

Mencegah titik api di bagian kios tekstik dan kain menurutnya harus diutamakan. Mengingat bahan ini mudah memincu api. Guna memudahkan akses ke kios rolling door, petugas juga membawa Cutter Speeder. Alat ini semacam alat bor jepit, yang bisa menjebol dan merobel rolling door.

10 Negara Ini Dicap Paling Malas Gerak Sedunia, Kok Bisa?

Kepulan Asap

Pada tahap pendinginan ini, petugas harus mengusir kepulan asap. Sebab jika masih terdapat asap, potensi muncul api bisa terjadi. Untuk itu, petugas pemadam mengerahkan Power Blower.

"Alat ini menyedot asap keluar dari dalam. Blower biar mengurangi panas dan asap. Jadi kami bisa masuk untuk mendinginkan bagian dalam," kata Putut, salah satu petugas pemadam kebakaran menimpali.

Putut menambahkan saat ini bagian dalam, masih terdapat titik api. Namun petugas pemadam belum bisa menemukannya.

Alat-alat itu membantu petugas mencapai akses bagian dalam dan membasahi semua area.

Pengamatan VIVAnews, saat ini kepulan asap masih tampak. Tetesan air yang jatuh di Blok Pasar Senen juga terasa hangat. (ren)

Deretan Negara yang Ternyata Penduduknya Paling Cepat Meninggal di Dunia
Ilustrasi berjalan tanpa alas kaki.

Viral Seorang Remaja Jalan Puluhan Ribu Langkah demi Datang ke Masjid untuk Hal Ini

Belum lama ini viral mengenai seorang remaja berusia 14 tahun dari Amerika Serikat yang berjalan selama 3 jam dan menempuh 35.000 langkah menuju masjid untuk hal ini

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024