Usai Kebakaran, Pasar Senen Masuk Tahap Pendinginan

Ilustrasi kebakaran di Pasar Senen
Sumber :
  • VIVAnews/Amal Nur Ngazis
VIVAnews
Toyota Fortuner Hybrid Sudah Ada di Diler, Segini Harganya
- Pasar Senen dilalap jago merah hampir 24 jam sejak Jumat subuh. Hari ini petugas pemadam kebakaran masih terus menjinakkan sisa titik api yang berada di bagian dalam Blok III Pasar Senen.

Heboh Warga Dubai Asyik Main Jet Ski saat Kebanjiran, Warganet: Baru Mau Kirim Mi Instan

"Saat ini memasuki proses pendinginan. Di dalam asap masih banyak," ujar Jandes Irsonturnip, Kepala Regu Resque Sudin Damkar Jakarta Pusat, ditemui
Film 13 Bom Raih Penghargaan Internasional, Sutradara Angga Sasongko Bangga
VIVAnews , Sabtu 26 April 2014 di depan Blok III Pasar Senen.


Proses pendinginan ini dilakukan usai kobaran api sudah berhasil dijinakkan. Pada proses ini, petugas membasahi semua area, khususnya bagian dalam, guna memastikan tak ada api yang muncul kembali.


Pendinginan lokasi kebakaran disebutkan cukup sulit, pasalnya banyak di Blok III merupakan kios tekstil dan kain.


"Kain harus benar-benar dibasahin. Pendinginan ini bisa lebih lama dari pemadaman kobaran api," ujar Putut, salah satu petugas pemadam kebakaran menambahkan.


Medan yang luas dan bersekat-sekat antar kios membuat petugas makin bekeja keras menjangkau tiap ruangan.


"Kami harus lakukan pendinginan satu per satu. Kios satu ke kios lainnya. Selesai satu kios, kita bahasin, terus pindah ke yang lainnya," ujar dia.


Guna melancarkan proses pendinginan, petugas mengerahkan peralatan blower, yang berfungsi menyedot asap keluar dari bangunan. "Blower agar mengurangi panas dan asap. Jadi kami bisa masuk untuk mendinginkan bagian dalam," jelas Putut.


Pengamatan
VIVAnews
, kepulan asap masih muncul dari loteng Blok III Pasar Senen. Sedangkan pemilik kios ramai untuk mengevakuasi barang-barang yang masih dapat diselamatkan. Polisi juga memperketat penjagaan, selain pemilik kios dan pewarta dilarang melintasi garis polisi. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya