Ahok: Jakarta Paling Siap Hadapi Integrasi ASEAN

Wagub DKI Basuki Purnama atau Ahok memegang bendera Inggris
Sumber :
  • British Embassy Jakarta

VIVAnews - Indonesia akan masuk era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) pada 2015 mendatang. Pada saat itu, negara-negara ASEAN akan terintegrasi di segala bidang, khususnya ekonomi, sosial dan budaya.

Menanggapi hal tersebut, Wakil Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama, Sabtu 22 Maret, menegaskan, di antara kota-kota besar di Indonesia, DKI Jakarta paling siap dalam menghadapi integrasi MEA itu.

"Saya pikir yang paling siap menghadapi MEA ya Jakarta," tegasnya dalam acara malam budaya manusia bintang 2014 yang digelar Rakyat Merdeka Online (RMOL) bertajuk 'one Indonesia in one ASEAN'.

Pria yang biasa disapa Ahok ini mengaku beruntung terpilih menjadi pejabat tinggi di DKI Jakarta. Bahkan, menurutnya, kesiapan Jakarta menghadapi MEA menjadi salah satu alasan dia bersedia menjadi wakil gubernur saat ini.

"Ketika tahun 2012 diminta pulang ke Bangka Belitung, saya tidak bersedia lagi karena 3 tahun tidak siap hadapi MEA, kecuali DKI. Makanya saya beruntung bisa masuk ke DKI," tambahnya.

Jakarta menurutnya unggul ketimbang kota lain dari sisi Infrastruktur. Namun, dia beranggapan hal tersebut tidaklah cukup untuk menghadapi MEA, jika tidak didukung pula dengan kualitas sumber daya manusia yang baik.

"Ya infrastrukturnya siap, hanya tinggal SDM-nya," imbuhnya. (one)

Jokowi Tunjuk Menko Airlangga Jadi Ketua Pelaksana Tim Nasional OECD, Intip Tugasnya
Dok. Istimewa

Mahfud MD Bicara Pentingnya Jaga Demokrasi agar Terhindar dari Kediktatoran

Pakar hukum tata negara Mahfud MD berbicara mengenai pentingnya menjaga demokrasi di Indonesia agar pelanggaran-pelanggaran tak terjadi kembali.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024