Komnas PA: Balita yang Digunting Lidahnya Akan Dipelihara Negara

Anak Jalanan di Jakarta
Sumber :
  • VIVAnews/Fernando Randy

VIVAnews - Nasib malang menimpa IQ (3,5) seorang anak penjual es teh manis keliling yang biasa berjualan di kawasan Stasiun Senen, Jakarta Pusat. Bocah tersebut diculik oleh Dadang (29). Dia diekploitasi menjadi pengamen dan kerap disiksa hingga tega menggunting lidah bocah itu.

Akibat aksi sadis Dadang, saat ini IQ masih dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Koja, Jakarta Utara dengan kondisi yang masih kritis. Dia harus dirawat khusus di Paediatric Intensif Care Unit (PICU) atau unit perawatan intensif untuk anak.

Ketua Komisi Nasional Perlindungan Anak (Komnas PA), Arist Merdeka Sirait, mengatakan, setelah IQ dinyatakan sehat, maka langsung dipelihara oleh negara.

4 Tim Lolos 8 Besar Piala Asia U-23, Indonesia Siap Nyusul?

"Tujuan dipelihara negara supaya tidak jadi hal serupa pada anak tersebut," kata Arist saat dihubungi VIVAnews, Selasa, 18 Maret 2014.

Arist menuturkan, selain mencegah terjadinya penganiayaan, pemeliharaan oleh negara karena sampai saat ini ibu kandung IQ menghilang. Di rumah sakit IQ hanya ditemani oleh beberapa sanak saudaranya seperti paman dan keluarga terdekatnya.

Arist menduga, ibu IQ menghilang karena sempat mendapat intimidasi dari pelaku, tetapi hingga kini pihak Komnas PA dan Polres Metro Jakarta Utara tengah melakukan pencarian terhadap ibu IQ.

"Ibu IQ masih tidak tahu di mana. Selain fokus pada kesehatan IQ, kami juga berusaha ingin mempertemukan IQ dengan ibunya," ujar Arist.

Arist menambahkan, pihaknya hari ini akan melakukan kunjungan ke RSUD Koja untuk melihat kondisi terakhir bocah malang itu, karena kemarin malam kondiri IQ terus memburuk dan kesadarannya makin menurun.

Sepert diketahui, penganiayaan ini terungkap setelah salah satu penumpang TransJakarta bernama Juliana melihat IQ sedang dibawa Dadang mengamen di halte Transjakarta Mangga Dua, Kamis 13 Maret. Iba, wanita berusia 32 tahun itu langsung membawa bocah malang itu ke Puskesmas di kawasan Jakarta Utara.

Setibanya di Puskesmas, sekitar pukul 10.00, dokter yang memeriksa Iqbal menemukan banyak luka di bagian tubuhnya. Ada luka bakar, sundutan api rokok, dan korban mengalami pembengkakan pada alat kelaminnya.

Bukan hanya itu, korban diketahui datang ke Puskesmas dalam keadaan kejang-kejang. Saat itu, pihak Puskemas langsung menaruh curiga dengan orangtua korban dan selanjutnya menghubungi kepolisian. (eh)

Pengendara Motor Tabrak BMW Seri 5

Tidak Fokus Berkendara, Pengendara Motor Tabrak BMW Seri 5

Baru-baru ini, beredar video viral menunjukkan peristiwa kecelakaan pengendara motor menabrak mobil BMW Seri 5 yang sedang ingin menyeberang dari sisi kanan jalan ke arah

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024