Skandal Busway Rusak, Ahok: Itu Anak Mengaku Dekat dengan Jokowi

Bus Baru Transjakarta Bermasalah
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin

VIVAnews - Kader Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Michael Bimo Putranto, yang merupakan teman dekat Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo, diduga terlibat dalam kasus pengadaan bus TransJakarta oleh Dinas Perhubungan DKI Jakarta.

Rizky Nazar Angkat Bicara Soal Dugaan Selingkuh, Beberkan Hal Ini

Menurut informasi, Bimo sudah empat kali menjadi tim sukses Jokowi, yaitu dua kali saat pemilihan wali kota Solo, dan Pilkada DKI putaran satu dan dua.

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaya Purnama, mengaku sudah berbicara dengan Jokowi tentang keterlibatan Bimo dalam skandal pengadaan bus tersebut. Kata Ahok, kader PDIP bernama Bimo tersebut diketahui memang sering bermain proyek dan mengatasnamakan Jokowi.

"Aku sudah tanya Pak Jokowi. Itu anak memang dari dulu di Solo suka begitu. Dia suka ada proyek, suka mengaku-ngaku dekat Pak Jokowi," kata Ahok di Balai Kota Jakarta, Senin, 10 Maret 2014.

Biasa, kata Ahok, jika akan main proyek Bimo menunjukkan foto-fotonya bersama Jokowi. Cara itu dipakai untuk meyakinkan kepada sesama pengusaha bahwa dia dekat dengan Jokowi. Tujuannya, supaya para pengusaha lainnya takluk dan memberikan proyek kepadanya.

"Dia sering manfaatkan, foto-foto sama Pak Jokowi dia klaim. Pak Jokowi juga kaget. Rupanya dia jualan di depan pengusaha," ujarnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, kisruh pengadaan bus itu mulai mencuat sejak awal Februari lalu. Saat itu ditemukan banyak kerusakan pada sebagian dari 90 bus baru yang disimpan di pool TransJakarta Cawang, Jakarta Timur. Bahkan baru beberapa hari dioperasikan sudah ada bus yang mogok.

Puluhan bus yang diparkir di pool Cawang tersebut, merupakan bagian dari pengadaan 310 TransJakarta dan 342 Bus Kota Terintegrasi Busway (BKTB). Buntut dari skandal itu, Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Udar Pristono, dicopot dari jabatannya.

Di tengah kisruh ini, muncul nama Michael Bimo Putranto. Dia dua kali terlibat dalam tim sukses Jokowi yang berpasangan dengan F.X. Hadi Rudyatmo pada pemilihan Wali Kota Solo, pada 2005 dan 2010. (ren)

Parto Patrio

Terpopuler: Sakit yang Diidap Parto sampai Syifa Hadju Pernah Diperingatkan oleh Raffi Ahmad

Round-up dari kanal Showbiz pada Kamis, 26 April 2024. Salah satunya tentang sakit yang diidap Parto hingga harus dilarikan ke rumah sakit.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024