Pengadaan Bus TransJakarta Dilaporkan ke KPK

Bus Baru Transjakarta Bermasalah
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin

VIVAnews – Sejumlah orang yang tergabung dalam Forum Warga Kota Jakarta (Fakta) mendatangi gedung Komisi Pemberantasan Korupsi, Senin 24 Februari 2014. Mereka melaporkan dugaan penyimpangan pengadaan 656 unit bus TransJakarta tahun anggaran 2013.

“Kami ingin melaporkan indikasi penyelewengan dalam kasus bus TransJakarta yang karatan. Hari ini kami masukkan laporan resmi ke KPK dan menyerahkan bukti serta informasi yang didapat oleh Forum ini,” ujar Ketua Fakta, Azas Tigor Nainggolan, di Gedung KPK.

Menurut dia, indikasi penyimpangan terlihat dari beberapa hal, antara lain terdapat karat pada bus yang baru dibeli, tidak ada berita acara serah terima, spesifikasi tabung BBG yang tidak sesuai rekomendasi BPPT, hingga indikasi pemenangan tender yang cenderung mengarah pada satu pihak saja.

Azas enggan menyebut siapa-siapa saja yang ia duga terlibat dalam penyimpangan tersebut. Namun dia membawa sejumlah bukti dalam laporannya itu. “Buktinya ada foto dan dokumen. Juga ada informasi saksi yang berkaitan. Dia (saksi) dikalahkan secara semena-mena karena ada arah pemenangan pada perusahaan tertentu,” ujar Azas.

KPK sebelumya telah berkoordinasi dengan Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) terkait indikasi korupsi di balik kisruh bus TransJakarta yang rusak meski baru tiba.

Juru Bicara KPK Johan Budi mengatakan, Pengaduan Masyarakat KPK sudah bertemu langsung dengan Wagub Basuki untuk membahas bus bermasalah itu. Tapi Johan tidak mengetahui detail pembicaraan kedua belah pihak.

Kasus bermula saat Ahok marah setelah mengetahui bus TransJakarta yang baru didatangkan ke Jakarta pada akhir Desember 2013 sudah rusak. Komponen bus yang dipakai untuk operasional TransJakarta dan Bus Kota Terintegrasi Busway (BKTB) itu banyak yang berkarat. Padahal bus buatan China itu belum genap dua bulan ada di ibu kota. (umi)

Baca Juga:

Penyebab Kebakaran Toko Frame di Mampang Jaksel Tewaskan 7 Orang
VIVA Militer: Rudal balistik Jericho militer Israel

Breaking News: Israel Tembakkan Rudal ke Iran, Ledakan Terjadi di Isfahan

Rudal Israel menghantam sebuah lokasi di Iran, menurut stasiun penyiaran AS ABC News, Jumat, 19 April 2024. Ini merupakan serangan balasan Israel

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024