Sistem Online Diluncurkan, Jokowi Ancam Warga yang Tak Buat IMB

Jokowi Dialog Dengan Warga Pasar Baru
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVAnews - Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo meresmikan pelayanan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) secara online di Kantor Kecamatan Kemayoran, Jakarta Pusat, Kamis, 13 Februari 2014.

Menurut Jokowi, pelayanan IMB secara online itu untuk mempermudah masyarakat dalam mengurus izin bangunan. Dengan adanya cara online diharapkan tidak ada lagi alasan warga Jakarta untuk tidak membuat IMB setiap akan mendirikan bangunan.

"Sekarang sudah gampang semuanya, jadi kalau tidak punya IMB, saya gempur nanti," ujar Jokowi.

Kata dia, terobosan ini merupakan respons atas keluhan masyarakat terhadap lamanya mengurus IMB. Sebelum menggunakan online, warga yang biasanya membutuhkan waktu 15 hingga 30 hari untuk mengurus, sekarang hanya butuh waktu paling lama tujuh hari.

"Keluhan-keluhannya dulu urus IMB-nya lama. Sekarang sudah cepat, pakai online bisa dari rumah," ucapnya.

Ke depannya, jika Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) sudah siap dilakukan di tiap wilayah kota, maka IMB online akan digabungkan di dalamnya.

"Secepatnya, nanti kalau PTSP sudah siap gabung ke sana. Kan Perda-nya  sudah ada," kata dia.

Sementara itu, Kepala Dinas Pengawasan dan Penertiban Bangunan (P2B) Putu Ngurah Indiana, menjelaskan, untuk mengurus IMB, warga cukup mengisi formulir dan memasukkan data melalui jaringan internet dengan membuka website dppb.jakarta.go.id.

Heboh Dugaan TPPO, Begini Pengakuan Mahasiswa Unnes saat Ikuti Ferienjob di Jerman

Setelah semua persyaratan diverifikasi, baru kemudian warga membayar retribusi di kantor kecamatan sesuai domisili. "Pertemuan tatap muka hanya terjadi ketika mengambil Surat Keterangan Retribusi Daerah (SKRD) dan verifikasi data permohonan IMB," kata Putu.

Sistem online ini diharapkan dapat menghilangkan praktik percaloan yang marak terjadi dalam pengurusan IMB. Selain itu, masyarakat juga dapat dengan mudah memantau proses permohonan IMB secara real time. (eh)

Pemain Chelsea rayakan gol Raheem Sterling

Chelsea Proteksi Raheem Sterling dari Hinaan Fans

Pelatih Chelsea, Mauricio Pochettino coba memproteksi Raheem Sterling. Pemain asal Inggris itu menjadi sasaran ejekan suporter saat tampil di Piala FA lawan Leicester.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024