Hujan Masih Akan Guyur DKI, Jokowi Diminta Perpanjang Darurat Banjir

Banjir Menggenangi Gunung Sahari
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVAnews - Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana, Sutopo Purwo Nugroho, mengatakan pola banjir Jakarta pada periode 2014 ini berbeda dengan banjir Januari 2013 lalu.

Kata dia, itu dipengaruhi perbedaan pola hujan. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika melaporkan pada 2013 hujan hanya sekali tapi intensitasnya tinggi dan berikutnya berkurang. Sedang pada Januari dan Februari 2014, intensitas hujannya lebih rendah tetapi durasinya panjang sehingga banjirnya lama walau tidak setinggi tahun 2013.

Dalam tujuh hari ke depan kecenderungan hujan di Jabodetabek sudah menurun, hujan terjadi dengan intensitas sedang (20-40 mm/hari) dan bersifat sporadis. Peluang banjir di Jakarta tetap ada khususnya di daerah-daerah langgganan banjir, seperti bantaran Sungai Ciliwung.
 
Hingga Jumat kemarin pengungsi masih 5.359 jiwa yang tersebar di Jakarta Timur 3.922 jiwa, Jakarta Selatan 305 jiwa, dan Jakarta Barat 1.132 jiwa. Siaga darurat banjir Jakarta akan berakhir hingga 12 Februari 2014. Badan Penanggulangan Bencana Daerah DKI Jakarta telah mengusulkan kepada Gubernur Jakarta agar status siaga darurat banjir diperpanjang.

BMKG diminta membuat analisis dan prediksi cuaca wilayah Jakarta untuk bulan Februari hingga Maret mendatang. Direncanakan pada Senin esok, Gubernur DKI Jakarta Jokow Widodo akan mengadakan rapat evaluasi dan penentuan tindak lanjut status Siaga Darurat Banjir. Total korban tewas akibat banjir Jakarta 2014 sebanyak 23 orang.
 
Upaya mengurangi curah hujan dengan teknologi modifikasi cuaca untuk mengatasi banjir Jakarta masih dilakukan hingga saat ini. Hingga hari ke-25 pelaksanaan TMC sejak digelar 14/1/2014 hingga sekarang, total 141 ton bahan NaCl ditaburkan dengan pesawat terbang untuk mempercepat jatuhnya hujan di luar wilayah Jakarta.

Mobil Listrik Vinfast Pakai Sistem Sewa Baterai, Segini Biayanya

Kemudian 193 buah kembang api (flare) telah dibakar dan laruran 761 kg CaCl2 diuapkan ke atmosfer untuk mengganggu pertumbuhan awan. Hasil evaluasi seminggu pertama pelaksanaan TMC mampu mengurangi hujan sekitar 22 persen. (umi)

Gelombang tinggi laut terjang pesisir pantai (foto ilustrasi)

BMKG Sebut Gelombang hingga 2,5 Meter Bakal Terjadi di Perairan Indonesia, Ini Lokasinya

BMKG mengeluarkan peringatan dini gelombang tinggi yang berpotensi terjadi di beberapa wilayah perairan pada 20 hingga 21 A

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024