METRO

Harga Tiket Kebun Binatang Ragunan Akan Naik

Kenaikan harga akan mengurangi subsidi dari APBD DKI yang setiap tahunnya Rp 50 miliar.
Rabu, 8 April 2009
Oleh : Maryadie, Lutfi Dwi Puji Astuti
Jerapah, salah satu hewan yang digemari di Ragunan

VIVAnews - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan meninjau ulang tarif tiket masuk. Tarif direncanakan akan naik karena dinilai sangat rendah bila dibandingkan dengan tempat wisata lain milik Pemprov DKI.

Rencana kenaikan harga tiket masuk ini juga akan mengurangi subsidi dari APBD DKI yang setiap tahunnya dianggarkan Rp 50 miliar.

Kepala Dinas Kelautan, Peternakan dan Ketahanan Pangan DKI Jakarta, Edy Setiarto, mengatakan, peninjauan atas harga karcis dilakukan karena harga yang berlaku saat ini masih sangat murah.

Saat ini TMR memberlakukan harga tiket masuk Rp 3.000 untuk anak-anak dan Rp 4.000 untuk dewasa. Padahal, untuk jenis tempat wisata lain harganya sudah Rp 50.000 - Rp 100.000.

Ia mencontohkan, untuk Taman Safari yang sama-sama kebon binatang, tiket masuknya sekitar Rp 75.000 sekali masuk. Sedangkan tiket masuk TMII sebesar Rp 9.000 per orang dan Taman Impian Jaya Ancol sebesar Rp 15.000 per orang.

"Jadi sudah saatnya kita melakukan peninjauan ulang, agar pemeliharaan di TMR ini lebih baik,” kata Edy Setiarto.

Rencana peninjauan kenaikan harga tiket masuk, untuk mendukung pemeliharaan kawasan. Selain itu, juga untuk mengurangi beban subsidi yang diambil dari APBD DKI tiap tahunnya yang selalu naik.

Untuk tahun ini saja, Edi mengungkapkan, subsidi yang diberikan untuk TMR dari APBD sebesar Rp 50 miliar. Dengan kenaikan harga tiket masuk, diharapkan subsidi bisa ditekan.

TERKAIT
    TERPOPULER
    File Not Found