Tinggi Mana, Curah Hujan Januari 2013 dan 2014?

banjir di perumahan trias bekasi
Sumber :
  • VIVAnews/Alfin Tofler
VIVAnews
Pesan Terakhir Korban Kecelakaan Tol Cikampek KM 58 ke Ibunya: Mah Aa Mau Pulang
- Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika memperkirakan curah hujan di daerah Jakarta masih akan tinggi dalam beberapa hari ke depan.

Deretan Artis Rayakan Idul Fitri di Tanah Suci Mekkah

"Kami terus monitor ada beberapa daerah yang relatif tinggi di hari mendatang, potensi hujan lebat masih memungkinkan," kata Kepala Pusat Meteorologi Publik BMKG Mulyono Prabowo.
Anjuran Melewati Jalur Berbeda Saat Berangkat dan Pulang Sholat Idul Fitri dari Para Ulama


Dia mengatakan curah hujan di sejumlah titik di Jakarta terpantau bervariasi. Dari mulai 70 mm, 80 mm, hingga 150 mm di beberapa titik.


Menurutnya, tingginya curah hujan tersebut disebabkan karena  angin daratan yang berasal dari Samudera Hindia. Hal tersebut merupakan sumber pertumbuhan awan menjadi aktif.


Dia mengungkapkan bahwa curah hujan yang terjadi saat ini relatif masih rendah jika dibanding pada saat banjir di Jakarta Januari tahun lalu. "Tanggal 17 Januari 2013 hujan merata di Jabodetabek dengan curah hujan 100 mm," tukasnya.


Sementara Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho juga membenarkan bahwa curah hujan tahun lalu lebih tinggi dibanding saat ini.


Dia menuturkan pada Januari lalu, pintu air Katulampa diketahui masuk kategori siaga 1, sedangkan pintu air Depok dan Manggarai siaga 2. "Saat ini kondisi katulampa siaga 2, di Manggarai ketinggian 960 cm, masih lebih kecil dari (tahun) sebelumnya," ujarnya. (umi)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya