Pintu Air Manggarai Kritis

Pintu Air Manggarai
Sumber :
  • VIVAnews/Amal Nur Ngazis
VIVAnews
Rumah Dekat Asrama Brimob di Slipi Dilahap Si Jago Merah, 17 Mobil Pemadam Dikerahkan
- Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menyatakan status pintu air Manggarai pada pukul 18.00, Sabtu 18 Januari 2014, Siaga I alias kritis. Tinggi air di pintu pengatur Kali Ciliwung ke Kanal Banjir Barat itu mencapai 950 cm. Status ini naik lagi sejak tadi pagi diturunkan menjadi Siaga II.

TNI Pasti Profesional Tangani Kasus Oknum Diduga Aniaya Anggota KKB Papua

Meski dalam kondisi kritis, dalam akun Twitter @jakartagoid, Pemprov menyatakan status pintu air Ciliwung hulu di Katulampa, Bogor, sudah normal (Siaga IV). Ketinggian air di pintu air ini pada pukul 17.00 hanya 100 cm. Sementara itu di Depok masih waspada dengan ketinggian air 220 cm.
Jokowi Enggak Bahas Pemerintahan Prabowo saat Buka Puasa Bersama Menteri di Istana


Status Pintu Air Karet pada pukul 17.50  juga kritis. Ketinggian air di wilayah itu 650 cm.


Selain Kali Ciliwung, status pintu air relatif normal. Tinggi muka air hulu Kali Krukut 110 cm dengan status normal. Sedangkan kali Pesanggrahan juga normal dengan ketinggian air 115 cm.


Sementara itu Waduk Pulit berstatus kritis dengan ketinggian air 108 cm.


Hujan yang mengguyur wilayah Puncak dan Bogor sejak semalam hingga siang tadi membuat debit air di Bendungan Katulampa meningkat. Ada sekitar 140 ribu liter luapan air Sungai Ciliwung yang mengalir dari hulu melalui Katulampa, Depok, dan Manggarai.


Sungai Ciliwung diprediksi terus meluap apabila curah hujan di Puncak dan Bogor masih tinggi. Siang ini, hujan di wilayah Bogor sudah berhenti meski awan mendung masih terus menggantung.


“Kementerian Pekerjaan Umum telah memperkuat tanggul-tanggul sungai di Kanal Banjir Barat. Semoga tidak ada tanggul jebol dan debit air bisa dikendalikan,” kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana, Sutopo Purwo Nugroho.  (eh)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya