BMKG: Sepanjang Hari Jabodetabek Akan Diguyur Hujan Lebat

Ilustrasi hujan
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi
VIVAnews - Wilayah Jakarta dan sekitarnya akan diguyur hujan sejak pagi hingga malam hari, Sabtu 18 Januari 2014. Demikian prakiraan cuaca Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika dalam situs bmkg.go.id.
7 Negara yang Miliki Toilet Netral Gender di Dunia, Mayoritas di Asia!

Sepanjang hari ini potensi hujan masih cukup tinggi. Diperkirakan hingga esok hari hujan mash akan terus mengguyur Ibu kota.
Mengenal Empat Zaman yang Digambarkan dalam Ramalan Jayabaya

Saat ini, baik hulu maupun hilir, terjadi fluktuasi hujan yang sangat tinggi. Sehingga warga diimbau untuk terus waspada.
Begini Cara Pilih Cushion Terbaik Biar Makeup Flawless

Dari pemantauan BMKG sejak 15 Januari lalu, hujan diperkirakan masih akan berlangsung hingga 22 Januari mendatang. Perkiraan ini berdasarkan kepadatan awan di wilayah selatan Jawa.

Hujan deras selama beberapa terakhir di Jakarta ini disebabkan adanya daerah pertemuan angin yang memanjang dari Sumatera Selatan sampai Nusa Tenggara. Kondisi ini mengakibatkan pertumbuhan awan hujan meningkat terutama di Jakarta dan sekitarnya.

Dari pantauan BMKG, diperkirakan hujan masih akan terpusat di wilayah Selatan Indonesia seperti Jabodetabek, Jawa Barat, Jawa Tengah, Sumatera Barat, Sumatera Selatan dan Nusa tenggara Timur.

Kondisi ini disebabkan masih aktifnya angin Monsun Asia yang yang memanjang dari Sumatera Selatan melalui Jawa hingga Nusa tenggara. Ini menumbuhkan wilayah tekanan rendah yang berpotensi menjadi bibit badai tropis.

Dari pantauan radar cuaca hujan di Jakarta intensitasnya 50 mm/hari sampai 100 mm/hari. Ini akan berdampak pada naiknya permukaan ombak di pantai utara Jakarta dan angin kencang yang mempengaruhi lalu lintas udara serta perjalanan darat lainnya.

Selain angin kerapatan, hujan sangat mengganggu jarak pandang pengendara serta rentannya pohon tumbang yang membahayakan pengguna jalan.

Untuk lalu lintas pelabuhan laut dan bandara, BMKG telah berkoordinasi dengan Kementerian Perhubungan. Kementerian Perhubungan yang kemudian akan melanjutkan informasi ini ke petugas bandara dan Sahbandar untuk mengeluarkan peringatan saat cuaca berubah ekstrim.

Untuk keamanan berlalu lintas, BMKG juga telah menyiapkan layanan kusus SMS dan online melalui Twitter. Untuk kebutuhan informasi cuaca bisa krim SMS pesan dengan menuliskan nama kota kirim ke 2303 atau Twitter @infobmkg. (umi)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya