Manggarai Siaga I, Jokowi Pantau Pintu Air

Banjir di Thamrin
Sumber :
  • Tweet TMC Polda Metro Jaya
VIVAnews -
Dituduh Selingkuh, Rizky Nazar Meradang Beri Respons Begini
Kepala Pintu Air Manggarai, Parjono mengatakan sekitar pukul 00.15 WIB, Pintu Air Manggarai telah naik statusnya menjadi Siaga 1, karena debit air sudah mencapai 960 sentimeter. Terkait kondisi itu, Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo pun segera menuju ke lokasi.

INACA Tak Setuju Iuran Pariwisata Masuk Dalam Komponen Tiket Pesawat, Ini Alasannya

"Bapak sedang mengarah ke Manggarai," ujar Aris salah satu pengawal pribadi Jokowi kepada VIVAnews, Jakarta, Sabtu 18 Januari 2014.
Adu Laris Toyota Fortuner vs Mitsubishi Pajero Sport di 2024


Jokowi dilaporkan meluncur ke Manggarai pada pukul 02.00 dan akan langsung menuju Kampung Melayu.


Sebelumnya, pintu air tersebut setinggi 950 sentimeter. Lalu kata Parjono, pihaknya membuka pintu air yang mengarah ke istana negara setinggi 50 sentimeter.


Setelah dibuka, ternyata debit air di pintu air Manggarai kembali meningkat menjadi 960 sentimeter. Untuk langkah selanjutnya, pihak penjaga pintu air Manggarai tinggal menunggu instruksi selanjutnya dari Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo melalui Kepala Dinas Pekerjaan Umum DKI Jakarta, Manggas Rudy Siahaan.


Meninggkatnya muka air di Pintu Air Manggarai itu akibat kiriman dari hulu sungai Ciliwung di Bogor, Jawa Barat. Kemudian ditambah lagi dengan hujan deras yang mengguyur Jakarta sepanjang hari ini.


Bahkan, Parjono memprediksi, debit air di pintu air tersebut hanya akan meningkat hingga 900 sentimeter. "Namun karena hujan lebat di Jakarta debit airnya bertambah," kata dia.


Akibat banjir kiriman itu, sejumlah wilayah di Ibu Kota mulai tergenang. Saat ini banjir terpantau di daerah Kali Pasir, Petamburan, Condet, Kampung Pulo, Kampung Melayu dan sekitarnya. (sj)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya