TUTUP
TUTUP
METRO

Polda: 2013 Jumlah Kendaraan di Jakarta Capai 16 Juta Unit

Sehari, Polda mengeluarkan 5.000 STNK baru.
Polda: 2013 Jumlah Kendaraan di Jakarta Capai 16 Juta Unit
Antrean kendaraan di Jakarta (ANTARA/ Wahyu Putro A)
VIVAnews - Kepala Subdit Registrasi dan Identifikasi Kendaraan (Regident) Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Ajun Komisaris Besar Polisi Latief Usman, mencatat di tahun 2013 jumlah kendaraan di Jakarta dan sekitarnya mencapai 16 juta unit.

Usman menjelaskan, dari data yang dihimpun, untuk kendaraan roda dua ada 11 juta unit, mobil tiga juta unit, bus 360 ribu unit, 617 unit mobil barang, dan 133 unit kendaraan khusus.

Jumlah kendaraan tersebut, kata Latif mengalami peningkatan sebesar 9,8 persen dari tahun 2012. Meski demikian, dari total kendaraan tersebut tak semua beroperasi dikarenakan rusak atau tak digunakan lagi.

Menurut Latief, salah satu penyebab meningkatnya jumlah kendaraan karena daya beli masyarakat yang semakin tinggi, selain itu juga ada faktor politik dan ekonomi.

"Dalam sehari kami mengeluarkan STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan) untuk motor rata-rata empat ribu unit dan mobil seribu unit," kata Latif.

Dia memperdiksi, di tahun ini jumlah kendaraan di Jakarta akan mengalami peningkatan dengan presentase yang tak jauh dari jumlah peningkatan di tahun sebelumnya.

Namun untuk mengetahui angka kepastian, Latif masih menunggu informasi dari Gaikindo (Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia).

Seperti diektahui, pertumbuhan jalan di Jakarta tak sebanding dengan pertumbuhan kendaraan. Panjang jalan di Jakarta hanya 7.650 kilometer dan luas jalan 40,1 km atau 0,26 persen dari luas wilayah DKI.

Sedangkan pertumbuhan panjang jalan hanya 0,01 persen per tahun. Hal ini dinilai tidak sebanding dengan tingginya angka perjalanan yang mencapai 22 juta per hari.
KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP