Dirut PT KAI: Bintaro Bukan Perlintasan Besar

kereta api menabrak truk tanki bensin di bintaro
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Yudhi Mahatma

VIVAnews - Sesuai peraturan Presiden nomor 83 tahun 2011, disebutkan bahwa pemerintah pusat dan daerah diharuskan membangun underpass di 24 titik perlintasan kereta. Pembangunan ini merupakan program pengembangan kereta listrik Jabodetabek.

"Perlintasan Pondok Betung yang kodenya 57A seharusnya sejak lama dibuatkan underpass. Itu sesuai dengan peraturan presiden. Kewajiban pemerintah pusat dan daerah membangun underpass di 24 titik," kata Direktur Utama PT Kereta Api, Ignasius Jonan, Selasa, 10 Desember 2013.

Namun Jonan menjelaskan, bahwa perlintasan Pondok Betung, Bintaro ini tidak termasuk karena bukan perlintasan besar. Namun, sesuai arahan Wapres Boediono, di perlintasan itu akan langsung dibuat underpass.

"DKI pemdanya kaya raya. APBD-nya 40 triliun. Mungkin sedang disiapkan Bapak Gubernur. Rekan-rekan kepolisian juga ada law enforcement yang kuat. Kalau ada yang melanggar ya ditilang," katanya.
 
Jonan memastikan bahwa perlintasan di Pondok Betung adalah perlintasan resmi dan menjadi tanggungjawab pemerintah daerah.  "Tapi secara historis sudah dijaga oleh PT KAI, maka akan terus dijaga PT KAI. Banyak pemda yang belum siap. Mungkin seiring waktu akan siap," katanya.
 
Selain itu, Jonan meminta tindakan yang lebih dari sekedar sanksi tilang bagi penerobos perlintasan kereta. Namun untuk menjaga perlintasan liar diakui Jonan bukan menjadi tanggungjawabnya.

PKB Loyo Mau Gulirkan Hak Angket: Prabowo Sudah Keliling Partai

"Kalau tidak cukup ditilang, ya lebih dari tilang," katanya.

Commuter line tujuan Tanah Abang bertabrakan dengan truk tangki pengangkut BBM di perlintasan Bintaro Permai, Pesanggrahan, Jakarta Selatan, kemarin siang. Hingga saat ini tujuh orang dilaporkan tewas dalam kecelakaan maut itu. Enam korban tewas sudah dibawa ke RS Polri Kramat Jati Jakarta Selatan.

Mereka adalah Darman Prasetyo, masinis, kemudian asisten masinis Agus Suroto (24), dan petugas pelayanan KRL Sofyan Hadi (20). Yuni (16), Rosa Kesauliya (730 dan Ibu Vety. Sementara satu korban tewas masih berada di RS Fatmawati atas nama Nathalia (23). (eh)

Deretan mobil bekas di WTC Mangga Dua, Jakarta Pusat.

Daftar Harga Pajero Sport Bekas dan Pajak Tahunannya

Bagi Anda yang ingin merasakan ketangguhan dan kemewahan Pajero Sport generasi ketiga tanpa harus merogoh kocek terlalu dalam, pasar mobil bekas menawarkan pilihan.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024