Polisi Usul Rekayasa Khusus di Seluruh Perlintasan Kereta

kecelakaan kereta api di Bintaro
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Yudhi Mahatma

VIVAnews - Penyidik gabungan Polda Metro Jaya dan Korlantas Polri melakukan olah tempat kejadian perkara di lokasi kecelakaan KRL dengan truk bermuatan BBM 24 ribu kiloliter. Dari olah TKP itu diharapkan bisa menggambarkan penyebab kecelakaan maut tersebut.

Kaesang: Walaupun PSI Belum Bisa Masuk Senayan, Enggak Masalah

Polda pun mengusulkan rekayasa khusus di setiap persimpangan kereta untuk mengatasi kemacetan lalu lintas. Wakil Direktur Lalu lintas Polda Metro Jaya, Ajun Komisaris Besar Sambodo Purnomo, mengatakan penyidik akan memastikan kecepatan KRL dan truk tangki BBM saat kecelakaan.

"Nantinya, tim Traffic Accident Analysis (TAA) Korlantas akan melakukan identifikasi dengan membuat grafis tiga dimensi," ujar Sambodo di lokasi kejadian, Selasa 10 Desember 2013.

Selain itu, petugas juga akan menganalisis secara pasti mengapa api langsung membesar setelah kereta menabrak truk milik PT. Pertamina itu. "Karena, untuk memastikan diperlukan kesimpulan yang tepat," jelas Sambodo.

Olah TKP yang dilakukan di lokasi kecelakaan berlangsung selama tiga jam. Sementara, arus kereta api untuk dua arah sudah mulai berjalan.

Rekayasa Lalu Lintas


Sambodo menambahkan, pihaknya akan melakukan pembahasan dengan seluruh stake holder untuk melakukan rekayasa lalu lintas di seluruh pintu perlintasan kereta baik jangka panjang mapun jangka pendek.

Untuk jangka pendek, pihaknya mengusulkan untuk membuat yellow box junction untuk membatasi kepadatan di pintu perlintasan. "Yellow box junction adalah marka jalan yang berwarna kuning dengan berbentuk segi empat. Marka tersebut berguna untuk menghambat arus bila ada kemacetan," ucap Sambodo.

Khusus di perlintasan kereta di lokasi kejadian, Polda mengusulkan menjadikan jalan Bintaro Utara yang melintasi pintu perlintasan dibuat satu arah.

"Kalau jangka panjangnya bisa dibuat fly over atau under pass," kata dia. (ren)

Ilustrasi video mesum

Geger Video Mesum Napi Narkoba dengan Wanita di Ruangan Lapas, Lagi Diusut Kemenkumham

Sebuah video diduga warga binaan atau narapidana di sebuah lembaga pemasyarakatan (lapas) merekam adegan mesum bersama seorang perempuan di sebuah ruangan lapas. 

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024