VIDEO: Kemeriahan Festival Keraton di Monas

Kereta Pengantin Kraton Yogyan
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan
VIVAnews - Puluhan ribu warga Jakarta malam tadi memadati kawasan Monumen Nasional untuk menyaksikan World Royal Heritage Festival atau Festival Keraton. Beragam tarian dan kesenian daerah ditampilkan pada acara ini.
OJK Beberkan Kunci Hadapi Memanasnya Dinamika Ekonomi Global

Suasana malam tambah meriah. Sorotan lampu bergonta-ganti warna menambah kemeriahan itu. Lepas jam 19.00, acara dimulai. 
Pemprov: Warga Jakarta yang NIK-nya Dinonaktifkan Bisa Ajukan Keberatan

Tari Serimpi dari Kraton Solo mengawali pentas. Setelah itu, persembahan tari dari berbagai kraton di nusantara bergantian mengisi acara. Mereka juga mempersembahkan karya budaya dalam pameran di tempat itu.
Demokrat Munculkan Nama Dede Yusuf untuk Pilkada Jakarta 2024

Gubernur Joko Widodo berharap acara ini memberikan pendidikan bagi warga serta membangun karakter Jakarta yang cinta budaya. "Nilai-nilai itu yang ingin kita angkat," kata Jokowi.

Menurutnya, acara itu juga menyasar anak-anak memahami kekayaan budaya nusantara dengan berbagai pameran dan persembahan acara tersebut. "Sehingga anak-anak tahu, o kereta kraton seperti ini, o kuliner kraton seperti ini, cara membuat wayang seperti ini, cara membuat gamelan seperti ini. Mereka tahu semuanya ini kita buka diworkshop," ujarnya.

"Kita juga ingin membangun karakter kota, identitas Jakarta, sekali lagi tidak hanya mal mal dan mal terus."

Jokowi berencana membuat acara festival tematik ini dua tahun sekali. Hari ini, berbagai kereta kencana dari keraton-keraton di nusantara itu akan mengikuti kirab keliling jakarta.

Festival yang digelar 5-8 Desember ini diikuti 165 kraton nusantara dan 10 kraton dari mancanegara. Selengkapnya tonton ini.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya