DKI-Pertamina Siap Garap Buffer Zone Plumpang

VIVANews - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melakukan perjanjian kerja sama terkait 'sabuk pengamanan' Depo Plumpang. Kesepakatan dilakukan bersama Pertamina dan Kementrian Negara Perumahan Rakyat.

"Terkait rencana pembuatan buffer zone," kata Asisten Pembangunan DKI Jakarta, Sarwo Handayani, Jumat 3 Maret 2009.

Perjanjian itu meliputi keberadaan sejumlah fasilitas publik yang berada di dalam buffer zone. Seperti keberadaan jalan tol dan PLTU di sisi utara Depo Plumpang. Juga keberadaan gardu listrik yang perlu diamankan.

"Memang sudah ada tim, tapi siapa melakukan dan apanya belum dibuat dalam satu ketentuan. Kami merasa ini proyek besar sehingga perlu ada kesepakatan," kata Sarwo.

Pemukiman di sekeliling kawasan Depo Plumpang akan direlokasi. Daerah itu kemudian dikosongkan dan dijadikan semacam sabuk atau zona pengamanan depo. Ide ini kembali mencuat pascakebakaran hebat melanda salah satu tanki di depo tersebut pertengahan Januari lalu.

Kala itu ribuan warga yang bermukim di sekitar depo terpaksa mengungsi lantaran khawatir kebakaran tanki raksasa berisi premium itu akan menimbulkan ledakan besar dan menjalar ke pemukiman warga.

Terpopuler: Deretan Negara Bantu Israel, Pendeta Gilbert Dilarang ke Makassar hingga Iran Diserang
Gerakan olahraga russian twist

Terpopuler: Negara Tanpa Malam hingga Olahraga Ringan Setelah Lebaran

Round-up kanal Lifestyle pada Jumat, 19 April 2024. Salah satunya tentang deretan olahraga ringan yang bisa dilakukan setelah lebaran.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024