Pemprov DKI Bahas Penutupan Tiga Pintu Tol 'Biang' Macet

Contra Flow arus Lalin di Tol
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

VIVAnews - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sedang membahas rencana penutupan tiga pintul tol dalam kota yang selama ini menjadi sumber kemacetan. Sesuai masukan dari Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya, masalah ini akan segera disampaikan kepada Jasa Marga.

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Basuki T Purnama mengatakan, rencana penutupan tiga pintu tol terkendala dengan pembebasan lahan untuk membuat pintu tol baru.

"Kita bicara dengan Jasa Marga. Sekarang masalahnya pembebasan lahan buat pintu tol baru," katanya di Balaikota, Rabu 4 Desember 2013.

Ahok mengatakan, pembebasan lahan ini terkait dengan status tanah yang akan di jadikan pintu pengganti baru tol dalam kota.

Sesuai keinginan Pemprov DKI, Jasa Marga akan menutup Pintu Tol Semanggi I, Tebet II, dan Tegal Parang. Ketiga pintu tol ini memang diakui sebagai sumber kemacetan.

Penutupan tiga pintu tol ini sebenarnya sudah direncanakan sejak tiga tahun lalu. Namun terhenti karena tidak mendapatkan dukungan pemerintah Provinsi DKI terkait dengan pembebasan lahan.

"Ini masalahnya kemacetan. Pintu tol dalam kota sudah banyak yang tidak feasible. Makanya perlu kita geser biar tidak macet," ujarnya.

Ahok menambahkan, Jasa Marga sudah menyiapkan anggaran untuk pembangunan pintu tol baru. "Kita tinggal bicara teknis dan status tanah saja," ujarnya.

Timur Tengah Memanas, Australia Peringatkan Warganya Segera Tinggalkan Israel

Saat ini ada 24 pintu masuk dan keluar di Tol Dalam Kota. Sesuai dengan catatan Jasa Marga, rata-rata perjalanan pengguna tol hanya sepanjang 12 kilometer dari 34 kilometer Tol Dalam Kota.

Penutupan tiga pintu tol itu diharapkan dapat mengurangi kemacetan. Pintu ke luar Semanggi 2 jaraknya terlalu dekat dengan kawasan SCBD. Kendaraan yang ke luar dari kawasan itu bertemu dengan kendaraan yang ke luar tol.

Demikian pula dengan pintu masuk Semanggi 1 yang terletak di depan Plaza Semanggi. Jaraknya terlalu dekat dengan putaran Semanggi. Akibatnya, kendaraan dari arah Slipi mengarah ke Cawang bertemu dengan antrean kendaraan yang hendak masuk pintu tol Semanggi 1.

Sedangkan pintu masuk tol Senayan juga berdekatan dengan putaran Semanggi dari arah Cawang menuju Slipi. Sehingga terjadi penyempitan di ruas jalan itu. Sama halnya dengan pintu tol Tebet 2 yang kerap kali menimbulkan penumpukan kendaraan dari arah Kuningan dan Tebet. (umi)

Program Beasiswa Kuliah S1 di Jepang, Bebas Biaya dan Dapat Uang Saku Rp12 Juta Perbulan
Toyota Land Cruiser 250

Terpopuler: Harga Toyota Fortuner Hybrid, Land Cruiser Tangguh Versi Murah

Berita yang membahas mengenai harga Toyota Fortuner Hybrid dan Land Cruiser tangguh versi murah, banyak sekali pembacanya sehingga jadi terpopuler di kanal VIVA Otomotif.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024