Sterilisasi Jalur Busway, Waktu Tempuh TransJakarta Meningkat

Pemobil masuk jalur Busway.
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVAnews - Kepala Badan Layanan Umum (BLU) Transjakarta, Pargaulan Butar Butar mengatakan, setelah adanya program strerilisasi waktu tempuh bus lebih cepat dari sebelumnya.

"Sterilisasi berdampak banyak, di antaranya waktu tempuh yang lebih cepat. Antara 20-30 menit tergantung koridor yang ada. Kecepatan TransJakarta bisa dipertahankan pada 40 Km per jam saat ini. Sebelumnya kecepatan dibawah itu," kata Pargaulan kepada VIVAnews, Rabu 27 November 2013.

Dia mencontohkan, waktu tempuh pada koridor I Blok M-Kota sebelumnya memakan waktu 70 menit. Setelah sterilisasi, rata-rata bisa ditempuh sekitar 40 menit.

Selain itu, pihaknya mencatat ada peningkatan jumlah penumpang selama satu bulan terakhir ini. Peningkatan tersebut terjadi hampir di semua koridor. "Beberapa minggu terakhir setelah sterilisasi penumpang bertambah rata-rata 20 persen setiap koridor," ujarnya.

Dijelaskan Pargaulan, sebelum adanya sterilisasi, di koridor I ada 50 ribu penumpang perhari. Sekarang, kata dia, penumpang bertambah menjadi 70 ribu perhari.

"Sebelum clear area rata TransJakarta beropersi antara 5-8 rit per hari tergantung trayek koridor. Sekarang jumlahnya bertambah 1-2 rit tiap koridor," jelasnya.

Dari kenaikan ini diperkirakan jumlah penumpang akan terus bertambah. "Orang mulai banyak pindah ke bus. Kita berharap kedatangan 310 bus TransJakarta dan 346 bus medium bisa cepat. Ini untuk mengimbangi masyarakat yang mulai meninggalkan kendaraan pribadi mereka," kata dia.

Seperti diketahui, mulai Senin 25 November 2013, Polda Metro Jaya memberlakukan bagi kendaraan yang menerobos jalur TransJakarta. Pada hari pertama, petugas menjaring 254 pengendara yang ditilang karena menerobos. (eh)

Orangtua Anak yang Tabrakkan Mobil di Mall Jadi Konsumen Chery
Bendera Arab Saudi.

Arab Saudi Kemungkinan Ikut Ajang Miss Universe, Kandidat Lagi Diseleksi Ketat

Arab Saudi kemungkinan akan memiliki perwakilan kontestan Miss Universe pertamanya tahun ini. Kandidat lagi diseleksi ketat.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024