Ahok: Jalur TransJakarta Akan Pakai Bahu Jalan Tol

Jalur bus Transjakarta
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVAnews - Setelah sterilisasi jalur, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan menambah jalan baru TransJakarta. Jalur baru ini akan memanfaatkan bahu jalan tol yang dikelola PT Jasamarga.

Putin Resmi Dilantik Jadi Presiden Rusia, Lanjut Menjabat 6 Tahun Lagi

Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mengatakan cara ini ditempuh karena ruas jalan yang ada saat ini masih jauh dari kebutuhan.

"Sekarang tol pun kami mau pakai. Kami bicara sama Jasamarga. Nanti bahu tol kami pakai buat jalur bus," kata Ahok sapaan Basuki di Balai Kota Jakarta, Selasa 26 November 2013.

Mengenai kemungkinan adanya penolakan dari pihak pengelola jalan tol, Ahok yakin hal itu tidak mungkin terjadi. Menurutnya Pemprov DKI memiliki regulasi untuk menentukan pembangunan semua jalan dan perubahan fungsi jalan.

"Sekarang seperti di Casablanca, Antasari. Kami bisa ubah, mobil pribadi tidak boleh lewat, kalau bus sudah cukup. Tol juga seperti itu. Yang penting dia mau bangunkan jalur tidak pakai duit kita. Kalau perlu kami beli. Pusing amat," ujarnya.

Jalur Casablanca disiapkan bagi bus TransJakarta dan bus penumpang lain. Percepatan dilakukan karena pada akhir tahun ini, 740 bus baru segera melaju di jalanan Ibu Kota untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

Mantan Bupati Belitung Timur ini mengatakan saat ini yang penting adalah bagaimana caranya menambah rasio jalan yang masih sangat minim. Dari data yang ada, rasio jalan di Jakarta hanya enam persen dari jumlah populasi yang ada.

Idealnya rasio jalan adalah 12 persen dari jumlah populasi yang ada. Dari jumlah saat ini ruas jalan Jakarta hanya sanggup menampung sekitar 60 persen dari kebutuhan warganya.

Berdasarkan data itu Pemprov DKI tetap melakukan penambahan jalan, dengan tetap fokus pada transportasi massal. Pemanfaatan bahu tol untuk bus dan TransJakarta merupakan salah satu bentuk dari konsep penambahan jalan dan tetap pro transportasi massal.

"Kami tidak usah debat terus masalah fungsi. Semua ada kajiannya. Sekarang bagaimana jalannya dulu baru kita debat. Kalau jalannya tidak ada apa yang mau kita debatkan." (eh)

Pembatasan Usia Kendaraan di Jakarta: Antara Langit Biru dan Perekonomian
Profil Fat Cat

Profil Fat Cat, Gamer Asal China yang Bunuh Diri Akibat Diputus Cinta

Fat Cat adalah nama pengguna yang dipakai Pang Mao untuk bermain game seperti yang di lakukannya sehari-hari. Pang Mao dikenal dengan gamer yang menghasilkan banyak uang.

img_title
VIVA.co.id
7 Mei 2024