Kini Ada Bus Terintegrasi Busway Kelapa Gading-Kota

Angkutan Perbatasan Terintegrasi Busway (APTB) di Terminal Bekasi
Sumber :
  • Antara/ Paramayuda

VIVAnews - Dinas Perhubungan DKI Jakarta mengadakan tujuh armada untuk Bus Kota Terintegrasi Busway (BKTB) rute Kelapa Gading-Kota atau lebih dikenal dengan Kopami AC U31. Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Udar Pristono, menuturkan, dengan bus yang terintegrasi dengan TransJakarta itu diharapkan masyarakat Jakarta bisa beralih ke moda angkutan umum.

"Saat ini baru beroperasi tujuh unit. Ke depannya bakal ditambah delapan unit lagi," kata Pristono di Halte Busway, Kota Tua, Jakarta Barat, Senin 25 November 2013.

Pristono menuturkan, keunggulan BKTB sendiri adalah bisa masuk ke tempat-tempat yang tidak dilalui jalur busway. Menurut dia, jadi rute BKTB Kelapa Gading-Kota itu tidak selamanya berada di jalur busway. Tetapi, rutenya ada yang tidak melewati jalur busway dan bisa masuk lagi ke jalur busway.

"Jadi, BKTB terhubung ke jalur busway dan naik TransJakarta tanpa harus membeli tiket lagi," katanya.

Pristono menambahkan, ke depannya tidak hanya dari Kopami saja yang akan terintegrasi dengan jalur busway. Mayasari Bhakti juga mengoperasikan APTB Kali Deres-Cikarang dan Serpong-Senen.

Menkeu Sebut Jumlah Dana Pemda Mengendap di Bank Capai Rp 180,9 Triliun

Kemudian, ada dari perusahaan Hiba Utama yang beroperasi dengan Bogor-Tanjung Priok akan bergabung juga. "Saya berharap, perusahaan swasta lainnya dapat ikut bergabung juga," tutur Pristono.

Sementara itu, Ketua Umum Kopami Jaya, Ramses L Tobing, menuturkan, sistem BKTB akan mengubah citra Kopami yang dulu bus tua dan jelek di mata masyarakat. Dia menjelaskan, dengan adanya BKTB itu, Kopami juga ingin ikut menyukseskan Pemprov DKI untuk meningkatkan layanan angkutan umum, baik kualitas maupun kuantitasnya.

Untuk itu, dia menambahkan, Kopami ikut mengganti armada lama dengan unit baru dan meningkatkan pelayanan. Walaupun untuk satu armada bus baru membutuhkan anggaran sebesar Rp570 juta. "Mudah-mudahan ke depannya tambah bus lebih banyak," tuturnya.

Ramses menambahkan, berdasarkan hitung-hitungan kasar, keuntungan satu bus Kopami yang masuk jalur busway diperkirakan mencapai Rp800.000 sampai Rp1 juta per hari. Sebelum masuk jalur busway, pendapatan hanya Rp400.000 per hari.

"Kami mematok tiket Rp5.000 per orang untuk jarak jauh-dekat. Tiket tersebut sudah langsung terkoneksi dengan bus TransJakarta, sehingga tidak perlu bayar lagi," ucapnya. (art)

Menteri Sosial Tri Rismaharini

Risma Populer di Jatim tetapi Elektabilitas Khofifah Tinggi, Menurut Pakar Komunikasi Politik

Pakar komunikasi politik mengatakan sosok Menteri Sosial Tri Rismaharini cukup populer di Jawa Timur tetapi elektabilitasnya tidak setinggi Khofifah Indar Parawansa.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024