METRO

Cara Berjilbab Polwan di Jakarta Contoh Polwan Aceh

Dulu polwan tak boleh berjilbab. Kini instruksi dan aturan baru dibuat
Senin, 25 November 2013
Oleh : Anggi Kusumadewi, Septa Dinata
Barisan polwan berjilbab di Polda Metro Jaya.
VIVAnews – Kepolisian Polda Metro Jaya menindaklanjuti instruksi Kapolri Jenderal Sutarman yang membolehkan anggota polisi wanita untuk mengenakan jilbab saat berdinas. Dalam apel rutin Senin pagi, 25 November 2013, Polda Metro Jaya memeragakan bentuk pemakaian jilbab yang benar agar ada keseragaman bagi seluruh polwan berjilbab.

“Jilbab ini sifatnya tidak memaksa. Polwan yang mau memakai silakan, yang tidak juga silakan. Polda Metro jaya mengaku pada cara berjilbab polwan di Polda Aceh,” kata Kapolda Metro Jaya Inspektur Jenderal Polisi Putut Eko Bayuseno.

Keseragaman cara berjilbab, menurut Eko, perlu diperhatikan agar kerapian terjaga. “Supaya tidak beda-beda, maka hari ini kami berikan acuan,” ujar Eko. Menurutnya, wanita berjilbab adalah bagian dari hak asasi manusia.

Sebelum ini, aturan di korps Polri tidak membolehkan polwan untuk mengenakan jilbab, kecuali di Polda Aceh. Saat berdinas, seluruh anggota Polri harus memakai seragam sesuai aturan, kecuali untuk polwan yang tidak mengenakan seragam seperti bagian reserse dan intelijen. Mereka berpakaian bebas dan diperbolehkan mengenakan jilbab.

Namun belakangan aturan kaku itu diprotes keras oleh berbagai pihak sehingga pada masa kepemimpinan Kapolri Sutarman kali ini, ia menginstruksikan polwan diberi kebebasan untuk mengenakan jilbab. (umi)
TERKAIT
    TERPOPULER
    File Not Found