Ahok: Demi Turis, Bus Pariwisata Boleh Masuk Jalur TransJakarta

Sejumlah kendaraan memasuki jalur busway.
Sumber :
  • ANTARA/Fanny Octavianu
VIVAnews
Viral Video Transformasi Makeup Pengantin Jadi Sorotan Netizen
- Wakil Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama, memastikan mulai pekan depan bus pariwisata dan ambulans diperbolehkan melaju di jalur TransJakarta. Ahok, sapaan Basuki, mengatakan kebijakan ini dibuat berdasarkan sejumlah pertimbangan.

Lolos Jadi Anggota DPR, Denny Cagur Ungkap Kenangan Haru dengan Almarhumah Ibu

"Pertimbangan untuk bus pariwisata adalah sebagai daya tarik turis. Selama ini turis malas datang ke Jakarta karena macet. Makanya kami fasilitasi biar nyaman pakai jalur TransJakarta," kata Ahok di Balai Kota Jakarta, Rabu, 20 November 2013.
Bule Jerman Serang Penjaga Vila di Bali Usai Ditagih Nunggak Sewa 4 Bulan


Menurut dia, selama ini Pemprov DKI masih terus melakukan revitalisasi berbagai tujuan wisata seperti Kota Tua. Namun, kata dia, transportasi menuju tempat wisata masih menjadi masalah.


"Minimal kalau bus pariwisata lewat busway, turis tidak macet. Mereka dapat tambahan nonton macet di jalur sebelahnya," ujar dia sambil tertawa.


Sedangkan membolehkan ambulans melalui jalur TransJakarta didasari pertimbangan kemanusiaan. "Kalau yang sakit atau korban kecelakaan kan harus dapat pertolongan segera. Makanya kami fasilitasi."


Dia menambahkan, Pemerintah Provinsi Jakarta juga akan mempertimbangkan kendaraan umum lain untuk bisa masuk jalur TransJakarta. "Tapi belum bisa saat ini. Terutama kondisi Metromini yang masih jelek-jelek," ucap Ahok.


Dia menegaskan bahawa pembukaan jalur TransJakarta untuk bus pariwisata dan ambulans memiliki dasar yang kuat. Dasarnya, kata dia, yaitu upaya sterilisasi busway dari kendaraan umum yang dianggap berhasil. (eh)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya