Setelah Dikeruk, Kedalaman Waduk Pluit Baru 2 Meter

Pengerukan lumpur di Waduk Pluit, Jakarta
Sumber :
  • Antara/ Reno Esnir

VIVAnews - Sebagai salah satu antisipasi banjir di Ibu Kota, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menormalisasi Waduk Pluit, Penjaringan, Jakarta Utara. Namun memasuki puncak musim hujan ini normalisasi Waduk Pluit belum sepenuhnya rampung.

Niat Mulia Maarten Paes untuk Timnas Indonesia

Kepala Bidang Pemeliharaan Sumber Daya Air Dinas Pekerjaan Umum DKI Jakarta, DJoko Susetyo, menuturkan saat ini baru 20 hektare dari total 80 hektare keseluruhan waduk yang dinormalisasi.

Adapun kedalaman pengerukan baru mencapai 1-2 meter. Padahal, idealnya kedalaman Waduk Pluit itu sampai 10 meter.

"Itu lumayan lah. Air dari Kali Cilangkeng sudah bisa masuk karena sudah lumayan dalam. Setelah dikeruk kalau debitnya paling bertambah sekitar 300 ribu meter kubik dari sebelumnya," kata Djoko kepada VIVAnews, Jumat, 15 November 2013.

Djoko mengatakan kini pengerukan masih tetap dilakukan, hanya saja difokuskan pada pengerukan tanaman eceng gondok yang terus tumbuh di sekitar waduk yang disebut-sebut sebagai jantung airnya Ibu Kota Jakarta itu.

"Nanti setelah ini akan masuk CSR (Corporate Social Responsibility). Nanti akan ditambah lagi kedalamannya sampai 10 meter," katanya

Djoko menambahkan, saat ini Dinas PU belum bisa menentukan apakah penambahan kapasitas 300 ribu debit air tersebut bisa menampung air yang masuk ke sana atau tidak. Sebab, kata dia, debit air hujan yang datang tidak bisa diprediksi.

"Kalau cukup apa tidaknya tergantung intensitas hujan. Tapi setelah dikeruk akan cukup menampung," ujar dia. (eh)

Kisah Mualaf Jorvan Vieira Pelatih Timnas Irak yang Berhasil Membawa Timnya Menjuarai Piala Asia
Plt Rektor Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta Chatarina Muliana.

Peserta UTBK Diimbau Waspada Penipuan Janji Kelulusan

Para peserta Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) dihimbau untuk tidak terjebak dalam bujukan untuk membeli kelulusan dengan membayar sejumlah uang.

img_title
VIVA.co.id
2 Mei 2024