DKI: Jangan Berharap 2000 Sumur Resapan Bisa Atasi Banjir

pembuatan sumur resapan di kawasan Menteng, Jakarta
Sumber :
  • Antara/ Reno Esnir

VIVAnews - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta membuat 2.000 sumur resapan di lima wilayah ibu kota Jakarta.

Shin Tae-yong: Percaya dan Ikuti Saya, Kita Akan ke Final

Untuk membangun 2.000 sumur resapan itu Pemprov DKI menggelontorkan anggaran sebesar Rp150 miliar. Pembangunan ditargetkan selesai 12 Desember 2013. Kemudian bisa difungsikan secara maksimal awal tahun 2014.

Kepala Seksi Pengawasan dan Pengendalian Bidang Pengelolaan Mineral Dinas Perindutrian dan Energi DKI Jakarta, Ilham Raya, menjelaskan pembangunan sumur resapan itu sendiri fungsi utamanya sebagai koservasi air tanah atau untuk menambah cadangan air tanah. Jadi bukan untuk mengatasi banjir di ibukota.

"Jangan berharap sumur resapan akan mengatasi banjir atau genangan. Itu untuk konservasi saja agar airnya masuk ke dalam tanah. Paling tidak air yang masuk ke pembuangan (sungai dan gorong-gorong) itu berkurang kemudian masuk lagi ke dalam tanah. Jadi, bukan untuk mengatasi banjir tapi mengurangi saja," kata Ilham kepada VIVAnews.

Kata Ilham, efektivitas sumur resapan dalam mengurangi banjir pun belum bisa ditentukan berapa persen. Karena menurut dia, hal itu harus dihitung setelah sumur resapannya jadi. Kemudian baru bisa dihitung berapa debit air yang bisa ditampung oleh sumur resapan itu. Itu pun efektivitasnya di setiap wilayah akan berbeda karena setiap lapisan tanah di Jakarta berbeda-beda

"Kalau untuk efektivitas, syukur-syukur bisa mengurangi genangan. Kalau mengharap dari sumur resapan genangan habis, tidak bisa. Memang di bawah tanah itu airnya kosong? Di bawah tanah itu lapisannya banyak," ucapnya.

Setidaknya, dengan dibuat sumur resapan, yang tadinya banjir biasa surutnya mencapai satu jam bisa berkurang menjadi 45 menit.

"Hitungan pastinya belum ada, harus jadi dulu sumurnya. Yang kami hitung adalah kapasitas sumurnya. Sumur sudah ada nanti kami hitung bisa menyerap air itu berapa persen," katanya.

Ilham menyebutkan titik-titik yang dibangun sumur resapan. Di Jakarta Pusat; Jatibaru, Cideng, Jalan Medan Merdeka, Kebon Sirih, Lapangan Banteng, Menteng, Tanah Abang.

Di Jakarta Barat, sumur resapan dibuat di Rawa Buaya, Daan mogot, Kyai Tapa dan Grogol. Jakarta Utara di Kelapa Gading.

Sumur resapan di wilayah Jakarta Timur dibuat di Cilangkap, Taman Mini, Kampung Makassar,  Cawang, Rawamangun, Jalan Pramuka, Cempaka Putih bagian Timur dan Pulomas.

"Jakarta Selatan di Sahardjo, Pancoran, Jalan HR Rasuna Said, Setiabudi dan Jalan Raya Pasar Minggu," katanya. (adi)

Fuji

Disebut Hard Gumay Bakal Berjodoh dengan Mayor Teddy, Fuji: Aneh Banget Sumpah!

Hard Gumay turun tangan untuk membuat ramalan terkait urusan asmara adik ipar Vanessa Angel tersebut. Konon, Fuji diprediksi bakal menjadi pasangan hidupnya Mayor Teddy.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024