Jokowi: Masuk Busway Didenda Rp1 Juta Supaya Kapok

Sterilisasi Jalur Busway
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi
VIVAnews
Prediksi Serie A: Cagliari vs Juventus
- Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo, menilai denda maksimum Rp1 juta bagi pengendara yang kedapatan menerobos jalur TransJakarta atau disebut busway sudah tepat. Ini dilakukan agar masyarakat tertib berlalu lintas.

9 Deretan Patung Yesus Kristus Tertinggi di Dunia, Indonesia Menempati Posisi Pertama

"Denda ini supaya orang kapok. Kalau kapok, orang kan bisa naik transportasi umum. Kita konsisten tertib hukum," ujar Jokowi usai menghadiri upacara Hari Pahlawan di Lapangan Monas, Jakarta Pusat, Senin 11 November 2013.
Tim Hukum Prabowo Sebut Amicus Curiae MK Bentuk Intervensi Peradilan


Jalur TransJakarta, kata Jokowi memang seharusnya tidak boleh dilintasi oleh kendaraan apapun. "Kita mau tertib hukum. Jalur busway ya untuk busway. Kalau mau campur-campur sudah bertahun-tahun tetap macet juga," tambahnya.


Sementara itu terkait dengan pelayanan bus TransJakarta, Jokowi mengaku hal tersebut masih belum memadai. Salah satunya bus yang jumlahnya masih kurang.


Meski demikian, itu bukan menjadikan alasan masyarakat semena-mena menggunakan jalur khusus bus tersebut. "Kita upayakan terus dan Desember ini akan datang busnya agar masyarakat tidak berdesak-desakan lagi," kata dia.


Sterilisasi jalur TransJakarta yang sudah mulai digalakkan oleh aparat kepolisian saat ini menurutnya juga sudah sangat tepat. "Masa semua dadakan. Ini justru masa transisi, bus yang baru datang, jalur sudah steril," paparnya.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya