52 Persen Pejabat DKI Belum Lapor Harta Kekayaan

Lembar LHKPN bermasalah
Sumber :

VIVANews - Direktur Pendaftaran dan Pemeriksaan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) KPK, Cahya Hardianto Harefa mengatakan, sebanyak 52 persen PNS DKI Jakarta belum menyerahkan LHKPN ke KPK.

"Tolong segera ditindaklanjuti," kata Cahya di Balaikota, Jakarta, Rabu 30 Oktober 2013.

Cahya menegaskan, sebagai penyelenggara negara, PNS harus bersedia diperiksa harta kekayaannya untuk membantu menjalankan pemerintahan. Menurutnya, banyak kasus korupsi yang menimpa para pejabat di pusat maupun daerah, karena ternyata pejabat tersebut tidak transparan dalam melaporkan harta kekayaannya.

"Data tipikor ada 9 gubernur, 34 wali kota dan Bupati, serta 134 pejabat eselon I, II, dan III yang di proses dalam kasus tindak pidana korupsi," ujarnya memaparkan data korupsi yang ditangani KPK periode 2004-2013.

Menanggapi temuan itu, Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo langsung menginstruksikan jajarannya untuk melapor LHKPN ke KPK. "Mulai hari ini saya instruksikan semua pejabat DKI untuk segera melengkapi LHKPN mereka. Ini sesuai temuan dan permintaan KPK dan BPKP," kata Jokowi.

Jokowi mengaku memang masih banyaknya pejabat DKI yang belum melaporkan harta kekayaannya. Hal itu terjadi karena banyak faktor. Di antaranya banyak pejabat yang baru diangkat setelah melalui proses lelang jabatan.

"Jadi fokus untuk kerja dulu. Tapi sekarang saatnya mereka membuat laporan yang diminta," ujarnya.

Mantan Wali Kota Solo itu berjanji tidak akan melindungi bawahannya yang terlibat kasus korupsi. "Masalah hukum karena korupsi itu sifatnya personal. Kita tidak akan melindungi. Silahkan ditindaklanjuti aparat hukum," pungkasnya. (eh)

Heboh Dugaan TPPO, Begini Pengakuan Mahasiswa Unnes saat Ikuti Ferienjob di Jerman
Pemain Chelsea rayakan gol Raheem Sterling

Chelsea Proteksi Raheem Sterling dari Hinaan Fans

Pelatih Chelsea, Mauricio Pochettino coba memproteksi Raheem Sterling. Pemain asal Inggris itu menjadi sasaran ejekan suporter saat tampil di Piala FA lawan Leicester.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024