Survei: Setahun Jokowi-Ahok, Mayoritas Publik Belum Puas

Open House dirumah Ahok
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar
VIVAnews -
Berpengalaman di DPR, Sumail Abdullah Dinilai Berpotensi Maju Pilkada Banyuwangi
Sudah satu tahun Joko Widodo dan Basuki Tjahaja Purnama memimpin DKI Jakarta. Pasangan yang diusung PDIP dan Gerindra saat Pilgub DKI ini menjanjikan Jakarta Baru bagi masyarakat.

Sektor Manufaktur RI Jauh dari Deindustrialisasi, Ekonom Beberkan Buktinya

Bagaimanakah realisasi janji Jokowi setelah satu tahun memimpin Jakarta?
Mak Vera Tepati Janji, Datang ke Makam Olga Syahputra Tengah Malam


Berdasarkan survei Media Survei Nasional Median yang diterima VIVAnews , Kamis 17 Oktober 2013, mayoritas masyarakat Jakarta belum puas dengan kepemimpinan Jokowi-Ahok.


"Survei ini dilakukan untuk mengetahui persepsi dan penilaian masyarakat Jakarta atas kinerja Joko Widodo dan Basuki T Purnama sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur selama satu tahun," ujar Direktur Median Institute, Rico Marbun.


Kata Rico, dari 13 bidang, hanya 5 bidang saja yang disentuh Jokowi dan Basuki. Delapan bidang utama tidak terjadi perubahan yang lebih baik sebagaimana dijanjikan saat kampanye.


Delapan bidang itu adalah transportasi umum, banjir, kemacetan, kemiskinan, pengangguran, perumahan, kriminalitas, dan narkoba.


Soal transportasi, ada dua hal utama yang diharapkan dibenahi di Jakarta, yaitu peremajaan dan kenyamanan transportasi umum (24,6%), dan keamanan di transportasi umum (20%).


Terkait lingkungan hidup ada dua hal utama yang harus dibenahi, yaitu banjir (15,2%), dan sampah (13,1%). Dalam hal keamanan, masalah premanisme menjadi kekhawatiran utama warga Jakarta (22,3%).


"Hanya lima bidang yang dinilai masyarakat sudah ada perbaikan di masa kepemimpinan Jokowi dan Basuki. Lima bidang itu kesehatan, pendidikan, pelayanan birokrat, penataan taman, dan penataan PKL," katanya.


Dalam hal pelayanan kesehatan ada satu hal utama yang diharapkan dibenahi di Jakarta, yaitu peningkatan kualitas layanan kesehatan gratis (23,1%). Dalam hal pendidikan, masih adanya biaya pungutan pendidikan warga Jakarta (16,9%) menjadi perhatian publik.


"Sementara dalam hal penyediaan perumahan, keinginan agar pemerintah memperbanyak jumlah rumah yang murah dan layak huni menjadi tema utama sebesar (18,2%)."


Survei diselenggarakan pada 2–11 Oktober 2013 di DKI Jakarta. Sampel dipilih dari 1.200 responden secara acak dengan teknik
Multistage Random Sampling
dan proporsional atas populasi Kodya dan gender dengan
Margin of Error
± 2,8% pada Tingkat Kepercayaan 95%. Survei dilakukan dengan
face to face interview.


Indobarometer: Kepuasan publik di bawah 60%

Lembaga Survei Indobarometer juga merilis hasil riset satu tahun kepemimpinan Jokowi-Ahok. Dari hasil riset, lembaga ini mengeluarkan rapor merah dan biru atas kinerja dan realisasi janji.


"Rapor merah kepemimpinan Jokowi-Ahok berdasarkan penilaian dari masyarakat dengan nilai kepuasan di bawah 60 persen," kata Direktur Eksekutif, Indobarometer, Muhammad Qodari di Jakarta, Kamis 17 Oktober 2013.


Qodari menyebutkan penilaian terburuk atas kinerja Jokowi-Ahok ada pada 12 sektor di antaranya penegakan hukum, memberantas korupsi, pemberantasan prostitusi, gelandangan, peredaran narkoba, penekanan polusi udara hingga lemahnya upaya mengundang investor di Ibukota.


"Ketidakpuasan tertinggi di sektor mengatasi kemacetan dengan persentase tidak puas hingga 73,3 persen. Diikuti upaya mengurangi pengangguran dengan persentase hingga 64,3 persen dan menyediakan perumahan untuk rakyat dengan persentese 55,3 persen," kata Qodari. [Baca selengkapnya ]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya