DKI Akan Bangun Jalan Layang Khusus Angkutan Umum

pembangunan jalan layang non tol masih terhenti
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVAnews - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan mengkaji konsep jalan layang non tol khusus angkutan umum. Wakil Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama, mengatakan rencana tersebut muncul setelah melihat jalan layang Pangeran Antasari-Blok M yang tidak mampu mengurai kemacetan.

"Rencana sama seperti kami bangun jalan layang untuk TransJakarta di Ciledug. Itu yang kami kaji," kata Ahok, sapaan Basuki di Balai Kota Jakarta, Kamis 10 Oktober 2013.

Berdasarkan teori, dia menerangkan, pertambahan ruas jalan di Ibu Kota tidak bisa mengatasi macet mengingat pertumbuhan kendaraan pribadi yang sulit dibendung.

"Yang ada adalah bangun jalan layang khusus transportasi massal, baru bisa. Kami mau paksa orang kalau mau nyaman, ya mesti naik bus. Makanya busnya harus dibeli dulu," ujarnya.

Kesaksian Marshel Widianto Soal Kondisi Babe Cabita Pasca CT Scan

Menurut dia, Pemprov DKI akan berupaya membenahi angkutan umum. Dengan transportasi umum yang nyaman diharapkan pengguna kendaraan pribadi akan beralih.

Rencananya, tahun depan Pemprov DKI akan mendatangkan 3.000 bus yang dibeli melalui sistem e-catalog atau tanpa lelang. "Mudah-mudahan Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) segera mengeluarkan izin e-catalog," ujar dia. Melalui sistem itu, maka tidak perlu lagi tender tapi langsung beli ke pabrik. (eh)

Kepala Otorita IKN, Bambang Susantono (Doc: Istimewa)

Antusias Sambut Idul Fitri, Kepala Otorita IKN Takbir Keliling

Kepala Otorita IKN Bambang Susantono bersama masyarakat turut merayakan Idul Fitri 1445 Hijriah di Desa Karang Jinawi, Penajam Paser Utara.

img_title
VIVA.co.id
10 April 2024