170 Rangkaian Monorel Akan Dibuat di Indonesia

Monerel PT INKA di Monas
Sumber :
VIVAnews
Bripda RM Ditangkap Polisi Ternyata Gara-gara Lakukan Ini
- Presiden Komisaris PT Jakarta Monorail, Edward Soeryadjaya memastikan keterlibatan PT INKA sebagai mitra dalam pembangunan gerbong dan lokomotif kereta monorel. Pembangunan ini akan diawali dengan pembuatan pabrik kereta monorel di Indonesia.

Real Madrid Jawab Penilaian Buruk Pep Guardiola soal Bernabeu

"Kami hanya akan mendatangkan 30 unit gerbong dan lokomotif yang utuh dari China. Sisanya hasil alih teknologi dari produsen Changchun Railway Vehicle Co., Ltd (CNR) di China," kata Edward di Jakarta, Kamis, 3 Oktober 2013.
Polri Catat 301 Kecelakaan Selama Arus Mudik Lebaran, 26 Orang Tewas


Ia menjelaskan, pengiriman rangkaian dari China ini untuk mempercepat operasional jalur monorel yang akan di-
groundbreaking
pada 16 Oktober ini. Menurutnya, itu sekaligus memberi ruang bagi pabrik monorel pertama di Indonesia untuk memproduksi rangkaian secara berkala dengan alih teknologi dari CNR.


"Perusahaan yang berpengalaman panjang ini akan menggandeng PT INKA untuk membangun 170 unit gerbong dan lokomotif monorel di Indonesia," ucap dia.


Dalam investasi monorel kali ini, CNR terikat kontrak untuk pemeliharaan, perbaikan, perakitan, dan manufaktur kereta monorel.


CNR sendiri menjadi bagian dari kerjasama PT Jakarta Monorail (JM) dengan China Communications Construction Company Ltd. (CCCC) untuk pendanaan pembangunan proyek monorel dengan nilai investasi sebesar U$1,5 miliar atau sekitar Rp1,5 triliun. Berdasarkan kesepakatan ini, CCCC akan merancang, membangun serta mengembangkan sistem stasiun yang terintegrasi. (eh)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya