Imbangi Mobil Murah, Jokowi Datangkan 1.000 Bus ke Jakarta

Jokowi ngopi Bareng Pewarta Foto Jakarta
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar
VIVAnews
MIND ID Pastikan Beri Manfaatan Bagi Daerah Wilayah Kerja, Begini Caranya
- Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo, mengatakan kebijakan anti macet genap-ganjil dan jalan berbayar atau
electronic road pricing
Indonesian Students Victim of Germany Human Trafficking Mostly In Debt
(ERP) belum bisa diterapkan dalam waktu dekat ini. Menurutnya kebijakan itu bisa diaplikasikan setelah 1.000 bus baru datang ke Jakarta. Kebijakan ganjil genap dan ERP hanya bisa diterapkan jika kendaraan umum memadai.
KPU Sebut Gugatan Ganjar-Mahfud yang Singgung Jokowi Salah Sasaran

Ribuan bus itu ditargetkan tiba pada November atau Desember 2013 mendatang. Kata dia, bus akan datang bertahap. Pada tahap pertama, tiba 360 bus untuk TransJakarta. Kemudian disusul sekitar 400 bus sedang. "Sekarang dalam persiapan bus sedang dan TransJakarta," kata Jokowi di Balai Kota Jakarta, Rabu 11 September 2013.


Datangnya 1.000 bus itu merupakan salah satu cara untuk menekan banyaknya mobil murah yang diluncurkan tahun ini. Seperti diketahui, baru-baru ini pabrikan Toyota dan Daihatsu mengeluarkan mobil murah dengan harga di bawah seratus juta rupiah.


"Ada mobil murah kemacetan ya terpengaruh. Tapi apapun itu ya kebijakan seperti itu. Kami bisa apa. Ya nanti dengan genap-ganjil, bus datang November-Desember baru diterapkan," tutur Jokowi.


Jokowi menambahkan, ada dua kemungkinan pengelolaan bus tersebut. Rencana pertama nantinya digabung dengan Perusahaan Pengangkut Djakarta (PPD). Sedangkan kemungkinan kedua digabung dengan Unit Pelaksana TransJakarta. "Nanti ditempelkan manajemennya. Kalau jadi, tapi sekarang kan belum," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya