Perajin Tahu Tempe Mogok, Ahok Tunggu Jokowi

Ahok saat membahas MRT
Sumber :
  • ANTARA/M Agung Rajasa
VIVAnews-
Tegas! Nikita Mirzani Coret Nama Lolly dari KK, Hak Waris, dan Asuransi: Sudah Gak Peduli!
Wakil Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok sudah mendengar soal kabar perajin tahu dan tempe mogok produksi. Damapaknya terjadi kelangkaan di berbagai pasar. Menyikapi hal ini ia belum bisa melakukan tindakan apapun.

Tak Melulu Konsumsi Pil Vitamin, Ini 5 Buah yang Mengandung Vitamin C Tinggi

"Saya tunggu koordinasi dengan pak gubernur. Ini nyentuh kebijakan pusat. Saya belum bisa apa apa," katanya di Balaikota, Senin 9 September 2013.
Mendagri: Dewan Kawasan Aglomerasi Bukan Ambil Alih Kewenangan Pemerintahan Daerah


Mantan Bupati Belitung Timur ini memahami dirinya dan Jokowi mempunyai kewenangan dalam menjaga stabilitas. "Tapi saat ini kami belum bisa bersikap. Ini masalahnya impor," ungkapnya.


Saat ini, harga kedelai di pasaran melonjak hingga menembus Rp10.000-Rp12.000 per kilogram dari harga normal Rp7700-Rp8000 per kilogram. Ini berdampak pada biaya produksi yang bertambah sekitar 40 persen.


Sebelumnya Ketua Koperasi Perajin Tahu dan Tempe Indonesia (Kopti) Depok, Tarono, mengatakan para pengrajin akan melakukan aksi mogok produksi. Aksi tersebut akan dilakukan secara nasional.


Menurut dia, ada beberapa tuntutan yang diajukan Kopti saat mogok nasional tersebut. Antara lain, meminta pemerintah agar menurunkan dan menstabilkan harga kedelai.


Tak hanya itu, pemerintah dituntut merealisasikan swasembada kedelai dan melaksanakan Perpres Nomor 32/2013 tentang penugasan kepada Perum Bulog untuk pengamanan harga dan penyaluran kedelai. (adi)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya