Setiap Hari 2 Ribu Ton Sampah di Jakarta Dibuang ke Sungai

Aksi Jakarta Bersih Jokowi dan Slank
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi
Shin Tae-yong Tak Mau Dibohongi dan Jomplangnya Pemain Korea dengan Indonesia
VIVAlife
- Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo, menggelar "Aksi Jakarta Bersih" bersama Band Slank di Jalan Sunda, Sarinah, Jakarta Pusat, Minggu 8 September 2013.  Acara itu digelar sebagai salah satu rangkaian kampaye Jakarta Bersih dari sampah.
Sukses Jalani Misi Kemanusiaan di Gaza, 27 Prajurit Pemberani Dapat Penghargaan dari Panglima TNI


PO Bus Rosalia Indah Pernah Viral dan Kena Rujak Netizen karena Kasus Ini
"Pagi hari ini kita berkumpul di sini dalam rangka memulai, kampanye besar-besaran. Saya ajak semuanya untuk jadi duta kebersihan di Jakarta. Sampah dan kebersihan ini harus jadi tanggung jawab kita besama," kata Jokowi di Sarinah, Jakarta Pusat.

Disampaikan Jokowi, semua permasalahan sampah di Jakarta tidak bisa semuanya diselesaikan oleh Dinas Kebersihan DKI Jakarta. Tetapi harus ada kerjasama juga dari masyarakat. Setiap hari ada 6.000 ton sampah yang harus ditangani oleh Pemprov DKI.


Dia menjelaskan, yang menjadi permasalah terbesar adalah dari 6.000 ton sampah yang ada di Jakarta,  sebanyak 2.000 ton dibuang ke sungai. Itulah salah satu yang menyebabkan Ibukota Jakarta menjadi banjir.


"Jadi Jangan semua ke Dinas Kebersihan. Kalau sendiri tidak akan mampu. Setiap hari 2.000 ton sampah dibuang di kali, di selokan, di sungai. Ini kesalahan terbesar kita," katanya.


Jokowi menuturkan, pembersihan sampah di kali sendiri akan dimulai dari kali Ciliwung dan kali Krukut. Selain menggandeng Slank Pemerintah Provinsi juga bekersama dengan TNI.  Mengapa menggandeng TNI, kata Jokowi, karena instansi itu sudah mempunyai peralatan yang memadai juga untuk pembersihan sampah.



Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya