METRO

Tabrak Orang Hingga Tewas, Izin Trayek Kopaja Dicabut

Kecelakaan lalu lintas yang melibatkan Kopaja kembali terjadi.

ddd
Kamis, 5 September 2013, 19:06
Bus kopaja terbalik
Bus kopaja terbalik (ANTV)
VIVAnews - Kecelakaan dua Kopaja dan satu truk di Jalan Jembatan Gantung, Cengkareng, Jakarta Barat memakan korban, di mana dua orang tewas dan tiga lainnya luka-luka.

Kejadian bermula saat Kopaja 95 Slipi-Kali Deres kejar-kejaran dengan Kopaja 98 Tomang-Rawa Bokor. Usai kejadiaan nahas, dua sopir Kopaja maut itu melarikan diri.

Menanggapi hal itu, Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Udar Pristono siap memberikan sanksi berat dengan mencabut izin trayek Kopaja jika terbukti menjadi penyebab utama kecelakaan.

"Kopaja nabrak harus dilihat apa penyebabnya. Kendaraan tidak berfungsi baik, manusianya ugal-ugalan atau kondisi jalan tidak baik," kata Pristono di Balai Kota, Jakarta, Kamis 5 September 2013.

Kalau memang ugal-ugalan sampai menabrak berarti human error. Tapi harus dilihat juga apakah SIM-nya benar tidak, uji KIR asli apa tidak. "Kalau jelas menyebabkan orang meninggal, izin trayek Kopaja itu pasti dicabut," ujarnya.

Salah satu usaha dari Dinas Perhubungan DKI Jakarta untuk meminimalisir kecelakaan itu melakukan razia secara rutin dan frekuensinya harus lebih ditingkatkan.

"Kami sering razia apalagi kalau kami tidak razia, mereka akan tenang-tenang saja. Semua harus berbenah. Dishub juga berbenah, harusnya operator juga," tegas dia.

Dia menambahkan, harusnya ada pengawasan dari operator kepada setiap sopirnya. Kemudian perawatan juga harus diperhatikan secara berkala.

"Kalau mengawasi satu per satu itu susah, itu tugas operator. Tugas kami hanya pengawasan di hilir," imbuhnya. (umi)


© VIVA.co.id
Share :  
Rating
KOMENTAR
djokoprawiroatmodjo
05/09/2013
Kami warga Jkt setuju dan mendukung 1000% langkah anda sbg Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Udar Pristono. Maju terus Pak utk Jkt baru!!!
Balas   • Laporkan


KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  
MOMENTUM
  • Info Momentum
Info Pemasangan Momentum:
Telepon: 021-5610-1555 / Sales
Email: salesteam@vivanews.com